ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN WACANA NONFIKSI DENGAN TEKNIK CLOZE TEST DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII MTs. BUSTANUL ULUM BLITAR

EFI KHOIRUN NISA’, 17210163037 (2020) ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN WACANA NONFIKSI DENGAN TEKNIK CLOZE TEST DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII MTs. BUSTANUL ULUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (556kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Analisis Tingkat Keterbacaan Wacana Nonfiksi dengan Teknik Cloze Test dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII MTs. Bustanul Ulum Blitar” ini ditulis oleh Efi Khoirun Nisa’, NIM. 17210163037, Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci: Keterbacaan, Wacana Nonfiksi, Cloze Test Buku teks merupakan buku wajib yang berisi materi pelajaran tertentu. Sebagai acuan wajib, buku teks harus memenuhi empat syarat kelayakan, yaitu isi, kebahasaan, kegrafikan, dan penyajian. Salah satu kelayakan yang perlu diperhatikan adalah kelayakan kebahasaan. Secara kebahasaan, buku teks harus komunikatif agar mudah dipahami oleh siswa. Bahasa dapat dikatakan komunikatif jika memenuhi syarat keterbacaan pesan dan keterbacaan kaidah bahasa Indonesia. Untuk mengetahui apakah buku teks sudah memenuhi syarat keterbacaan atau belum maka perlu dilakukan suatu pengukuran terhadap bacaan atau wacana yang ada di dalamnya. Hal ini perlu bertujuan untuk mengetahui wacana yang disajikan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan siswa atau belum. Salah satu teknik pengukuran yang dapat digunakan adalah cloze test. Pengukuran keterbacaan dengan teknik cloze test ini menjadi fokus dalam penelitian skripsi ini. Tujuannya adalah untuk: 1) mendeskripsikan hasil cloze test wacana nonfiksi dalam buku teks Bahasa Indonesia; 2) mendeskripsikan keterbacaan wacana nonfiksi dengan teknik cloze test dalam buku teks Bahasa Indonesia. Adapun lokasi penelitian di MTs. Bustanul Ulum Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, metode deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi dokumen, karena data yang dideskripsikan berupa dokumen hasil tes keterbacaan wacana nonfiksi dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII. Dokumen lainnya berupa buku teks Bahasa Indonesia siswa kelas VIII dan literatur-literatur lain yang berkaitan. Pengumpulan data menggunakan teknik cloze test serta dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teori agar terhindar dari kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tingkat keterbacaan wacana nonfiksi dengan teknik cloze test dalam buku teks Bahasa Indonesia siswa kelas VIII MTs. Bustanul Ulum Blitar dipengaruhi oleh penguasaan siswa terhadap diksi, afiksasi dan kelas kata; 2) keterbacaan wacana nonfiksi dengan teknik cloze test dalam buku teks Bahasa Indonesia siswa kelas VIII MTs. Bustanul Ulum Blitar bervariatif, teks eksposisi dan eksplanasi berada pada tingkat instruksional, sedangkan teks ulasan dan persuasi berada pada tingkat independen. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa wacana-wacana yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia siswa kelas VIII cocok diterapkan di MTs. Bustanul Ulum Blitar. Namun, untuk memaksimalkan tujuan pembelajaran masih diperlukan buku atau referensi lain untuk menunjang proses pembelajaran. Hal ini bertujuan agar wawasan siswa menjadi lebih luas, terutama mengenai diksi, afiksasi dan kelas kata.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 17210163037 EFI KHOIRUN NISA’
Date Deposited: 05 Feb 2021 03:38
Last Modified: 27 Apr 2021 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18250

Actions (login required)

View Item View Item