PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV MI PSM SUKOWIYONO KARANGREJO TULUNGAGUNG

Rois, Susilowati, Rois (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV MI PSM SUKOWIYONO KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1 Bagian Depan all.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2 BAB I Pendahuluan.pdf

Download (110kB)
[img] Text
3 BAB II Kajian Teori .pdf

Download (175kB)
[img] Text
4 BaB III PTK.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
5 BAB IV Hasil Penelitian.pdf

Download (88MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V Kesimpulan.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Lampiran-lampiran.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas IV MI PSM Sukowiyono KarangrejoTulungagung”. Ditulis oleh Rois Susilowati, NIM: 3217113090, Dibimbing oleh: Dr. H. Munardji, M.Ag Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make a Match Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Pada mata pelajaran pada ,mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hasil belajar siswa relatif rendah dikarenakan sebagian siswa menganggap bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah mata pelajaran yang kurang menarik, dan menitik beratkan pada daya ingat siswa. Selain itu, penggunaan metode yang monoton juga berpengaruh besar terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang kemudian dapat menjadikan hasil belajar siswa relatif rendah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Macam-macam Koperasi. Proses pembelajaran menggunakan metode make a match ini diharapkan dapat mengaktifkan siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Macam-macam Koperasi pada kelas IV di MI PSM Sukowiyono Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2014/2015?. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Macam-macam Koperasi pada kelas IV di MI PSM Sukowiyono Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2014/2015?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk menjelaskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Macam-macam Koperasi pada kelas IV di MI PSM Sukowiyono Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Macam-macam Koperasi pada kelas IV di MI PSM Sukowiyono Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Macam-macam Koperasi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV MI PSM Sukowiyono Karangrejo Tulungagung. Sedangkan observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 65. Langkah-langkah penerapan metode make a match meliputi: 1). Peneliti menyiapkan kartu-kartu yang berisi soal dan jawaban, 2). Peneliti membagi kartu soal dan jawaban pada masing-masing siswa secara acak, 3). Siswa diberi kesempatan untuk memikirkan soal dan jawaban yang dipegang, 4). Siswa mencari pasangan dari kartu yang dipegang, 5). Siswa yang sudah menemukan pasangan dimohon maju di depan kelas kemudian secara bergantian siswa membacakan jawaban masing-masing selanjutnya menempelkannya dipapan tulis, 6). Untuk mengecek pemahaman siswa, peneliti melakukan evaluasi dengan cara memberikan soal latihan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian yang digunakan dengan menerapkan metode make a match menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai pre test, post test siklus I, sampai post tes siklus II. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata presentase siswa 23,08% (pre test), meningkat menjadi 69,23% (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 92,31% (post tes siklus II). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV MI PSM Sukowiyono Karangrejo Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Rois Susilowati
Date Deposited: 09 Oct 2015 02:36
Last Modified: 09 Oct 2015 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item