Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah pada Siswa Kelas IV-A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Sofyan, Fuaddilah Ali (2014) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah pada Siswa Kelas IV-A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bagian Inti.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dafatr rujukan dan lampiran.pdf

Download (19MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata-kata kunci: Prestasi Belajar, Pendekatan Konstektual Berbasis Masalah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar yang anjlok dan belum adanya perubahan yang mendukung dalam proses pembelajaran di kelas sehingga diharapkan adanya peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah perubahan pendekatan dan strategi pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga tumbuh minat belajar siswa dan menyukai proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan konstektual berbasis masalah. Dengan menggunakan pembelajaran kontekstual diharapkan hasil pembelajaran akan lebih bermakna bagi peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini: 1) Bagaimana penerapan pendekatan kontekstual berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika materi Satuan waktu, satuan panjang dan satuan berat kelas IVA Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 2) Apakah penggunaan pendekatan kontekstual berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika materi satuan waktu, satuan panjang dan satuan berat kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan pendekatan kontekstual berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika Satuan waktu, satuan panjang dan satuan berat kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual berbasis masalah pada mata pelajaran matematika kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri xvi Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketntasan Minimum 70. Hasil Penelitian menunjukan (1) Pendekatan kontekstual berbasis masalah pada siswa kelas IV-A di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung adalah pembelajaran dengan tahap-tahap sebagai berikut: 1) Orientasi siswa terhadap masalah, 2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar, 3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (2) Meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui pendekatan kontekstual berbasis masalah pada siswa kelas IV-A di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 68,79 (68,97%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 81,93 (86,21%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,14. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbasis masalah meningkatkan prestasi belajar Matematika materi satuan waktu, panjang dan berat kelas IV-A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 17 Nov 2014 04:16
Last Modified: 17 Nov 2014 04:16
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item