MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENCAPAIAN AKREDITASI A DI MTs MA’ARIF NU 2 SUTOJAYAN BLITAR

YUNDHA FADHILAH RIZWARTY, 17207163040 (2020) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENCAPAIAN AKREDITASI A DI MTs MA’ARIF NU 2 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (808kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Pencapaian Akreditasi A di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar”, ini di tulis oleh Yundha Fadhilah Rizwarty, NIM 17207163040, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri Tulungagung (IAIN), yang di Bimbing oleh Hj. Indah Komsiyah, S.Ag, M.Pd, NIP. 197605182007012021 Kata kunci : Manajamen Sarana dan Prasarana, Akreditasi. Pengelolalan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang sangat penting di sekolah, karna keberadaannya akan sangat mendukung terhadap suksesnya proses pembelajaran. Sarana dan prasarana yang baik perlu adanya pengelolaan yang maksimal penggunaannya dan sesuai standar yang ada dalam mencapai tujuan pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang manajemen sarana dan prasarana, serta pencapaian sarana dan prasarana sehingga dapat mempertahankan akreditasi yang telah di dapatkan. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam pencapaian akreditasi A di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan sarana dan prasarana dalam pencapaian akreditasi A di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar?, (3) Bagaimana evaluasi sarana dan prasarana dalam pencapaian akreditasi A di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar?. Skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan memahami perencanaan sarana dan prasarana dalam pencapaian akreditasi A di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar, (2) untuk mengetahui dan memahami pelaksanaan sarana dan prasarana dalam pencapaian akreditasi A di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar, (3) untuk mengetahi dan memahami evaluasi sarana dan prasarana dalam pencapaian akreditasi A di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data di peroleh dari observasi, wawancara dan dokementasi. Data yang sudah di kumpulkan, di tafsirkan dan di analisa dengan merangkum atau mereduksi data yang di butuhkan, penyajian data serta penarik kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapat yaitu sebagai berikut: (1) sarana dan prasarana yang ada di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar ada di program kerja tahunan. Sarana dan prasarana di lakukan oleh sekolah dengan melihat kebutuhan dan anggaran yang ada, serta disesuaikan berdasarkan standar dalam pelaksanaan akreditasi. Perencanaan sarana dan prasarana di lakukan di setiap awal semester. Perencanaan sarana dan prasarana berupa pengajuan ke yayasan, pembaruan dan perbaikan. (2) pelaksanaan sarana dan prasarana dalam pencapaian akreditasi A di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar meliputi : pengadaan, inventarisasi, pengawasan dan pemeliharaan. Pengadaanbarang dilakukan sesuai kebutuhan yang ada dan di sesuaikan dengan dana yang ada. Inventarisasi dilakukan masih hanya sebatas label dan pemberian stiker. Pemeliharaan dan pengawasan dilakukan secara secara rutin oleh waka sarana dan prasarana. Pelaksanaan sarana dan prasarana dalam akreditasi yaitu melakukan persiapan akreditasi sesuai dengan prosedur standar yang ada yang kemudian dapat memudahkan untuk mencapai akreditasi yang baik. (3) Evaluasi sarana dan prasarana dalam pencapaian akreditasi A di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar di lakukan dengan melakukan rapat setiap minggu yang di hadiri oleh semua civitas sekolah. Dalam evaluasi sarana dan prasarana waka sarana dan prasarana bertanggungjawab melaporkan apa saja yang terjadi pada sarana dan prasarana. Kemudian, dijadikan evaluasi dan tindak lanjut dalam memaksimalkan sarana dan prasarana agar mampu berupaya dalam memenuhi sarana dan prasaran di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar serta untuk mengembangkan dan mempertahankan kualitas serta berupaya menyempurnakan dari berbagai kekurangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163040 YUNDHA FADHILAH RIZWARTY
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:44
Last Modified: 03 May 2021 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18183

Actions (login required)

View Item View Item