ANALISIS STRATEGI PELAYANAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI BMT SAHARA TULUNGAGUNG

ARISTA, LITA INDRA (2015) ANALISIS STRATEGI PELAYANAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI BMT SAHARA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Analisis Strategi Pelayanan Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di BMT Sahara" ini ditulis oleh Lita Indra Arista, NIM. 3223113057, pembimbing Dr. Nur Aini Latifah, SE.,MM. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pada era globalisasi, menuntut perusahaan/ lembaga keuangan senantiasa meningkatkan pelayanan secara professional yang sesuai dengan bidangnya masing – masing. Lembaga keuangan dituntut mampu dalam menjalankan amanah secara professional dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam hal ini peneliti mengungkap pelayanan yang diterapkan oleh BMT Sahara dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi nasabah dan apakah nasabah sudah mendapat kepuasan dalam pelayanan yang diberikan oleh BMT Sahara dibanding dengan lembaga keuangan lainnya. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pelayanan yang diterapkan di BMT Sahara Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pelayanan BMT Sahara Tulungagung dalam menghadapi persaingan bisnis? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan yang diterapkan di BMT Sahara Tulungagung dan strategi pelayanan BMT Sahara Tulungagung dalam menghadapi persaingan bisnis. Skripsi ini bermanfaat bagi BMT Sahara Tulungagung, sebagai pertimbangan yang berkaitan dengan strategi pelayanan dalam menghadapi pesaing untuk menentukan kelayakan lembaga. Bagi Mahasiswa sebagai bahan pembelajaran dan pengaplikasian ilmu pengetahuan dibidang manajemen. Bagi penelitilain, sebagai tambahan rujukan bagi peneliti selanjutnya. Kemudian penelitian ini bermanfaat sebagai kajian ilmu pengembangan dibidang ilmu pemasaran. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriftif-kualitatif, serta menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis interaktif. Untuk pengecekan kebsahan temuan penulis menggunakan tehnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelayanan yang diterapkan oleh BMT Sahara Tulungagung melalui tiga segi yaitu SDM, organisasi, dan teknologi. Kemudian menerapkan ciri, dasar pelayanan, dan pelayanan prima berdasarkan SOP yang dimiliki oleh BMT Sahara. Kemudian juga melakukan pengukuran terhadap kualitas pelayanan, apakah pelayanan yang diberikan kepada nasabah sudah mendapat kepuasan dari nasabah ataukah belum. Kemudian BMT Sahara menjalankan etika pelayanan yang baik dan agar nasabah merasa puas dan tetap loyal untuk menjadi nasabah di BMT Sahara. Dalam menghadapi persaingan bisnis BMT Sahara membuat konsep dan perencanaan, mengevaluasi hasil kerja dan membuat inovasi baru, membangun cabang dan memperluas jaringan. Kata kunci : Strategi pelayanan yang diterapkan, strategi pelayanan untuk menghadapi persaingan bisnis

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LITA INDRA ARISTA
Date Deposited: 20 Aug 2015 06:41
Last Modified: 20 Aug 2015 06:41
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1815

Actions (login required)

View Item View Item