PERLINDUNGAN PETANI BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR 4 TAHUN 2016 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PETANI DAN HUKUM ISLAM (Studi di Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung)

ULFA NUR CITRA DEWI, 17104153032 (2019) PERLINDUNGAN PETANI BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR 4 TAHUN 2016 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PETANI DAN HUKUM ISLAM (Studi di Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFATAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
DAFATAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Ulfa Nur Citra Dewi, NIM 17104153032, “Perlindungan Petani Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani dan Hukum Islam (Studi di Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung)”, Jurusan Hukum Tata Negara, IAIN Tulungagung, 2019, Pembimbing: Dr. H. M. Darin Arif M., S.H., M.Hum. Kata Kunci: Perlindungan Petani, Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2016, Hukum Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh musim kemarau panjang yang terjadi saat ini. Di Kabupaten Tulungagung, terdapat beberapa daerah yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. Akibatnya banyak daerah yang mengalami kekeringan. Selain itu, permasalahan petani yang semakin kompleks dewasa ini membuat petani mengalami kendala-kendala teknis dan non teknis dalam mengembangkan usahanya. Sehingga pemerintah Kabupaten Tulungagung membuat regulasi pembuatan Peraturan Daerah untuk memberikan perlindungan dan memberdayakan para petani, yakni Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagaung Nomor 4 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Fokus penelitian dalam penelitian adalah 1) Bagaimana Perlindungan Petan di Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana Perlindungan Petani Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung No 4 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani 3) Bagaimana perlindungan petani dalam perspektif Hukum Islam?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani di Desa Besuki. Untuk mengetahui bagaimana perlindungan petani dalam perspektif hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perlindungan Petani di Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung belum terlaksana dengan baik. Dari sektor sarana masih belum dimanaatkan secara penuh akibat kekeringan yang melanda Desa Besuki. Dari sektor prasarana belum lengkap dimiliki oleh petani Desa Besuki. (2) Perlindungan Petani Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung No 4 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petanibelum terlaksana dengan baik. Asuransi pertanian masih belum menyeluruh untuk petani di Kabupaten Tulungagung. (3) Hukum Islam memandang pertanian sebagai sektor bisnis yang paling mulia, sehingga segala sesuatu tentang pertanian diatur secara terperinci dalam Al-Qur’an dan Haddits. Namun implmentasinya masih belum dilaksanakan secara optimal oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan Dinas Pertanian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 17104153032 ULFA NUR CITRA DEWI
Date Deposited: 02 Feb 2021 05:02
Last Modified: 15 Apr 2021 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item