STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG NASABAH PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH HAJI DI PT BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk KCP BLITAR

SINDHY KUSUMA WARDANI, 17401163421 (2020) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG NASABAH PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH HAJI DI PT BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk KCP BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Nasabah Produk Tabungan iB Haji di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Blitar” ini ditulis oleh Sindhy Kusuma Wardani, NIM. 17401163421, dan dibimbing oleh Jusuf Bachtiar S.S., M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya minat dari masyarakat muslim yang berkeinginan untuk berangkat haji ke tanah suci namun terhalah oleh biaya. Dan produk tabungan IB Hijrah Haji ini menjadi jawaban dari keinginan mereka yang bertujuan untuk membantu permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran Tabungan IB Hijrah Haji di Bank Muamalat Indonesia (2) Apa kendala yang dihadapi dalam memasarkan Tabungan IB Hirah Haji di Bank MuamalatIndonesia. (3) Bagaimana Solusi dalam mengatasi kendala Strategi Pemasaran Tabungan IB Hijrah Haji di Bank Muamalat KCP Blitar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini yaitu karyawan atau petugas bank dan beberapa nasabah dari Bank Muamalat Indonesia KCP Blitar. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pemasaran yakni menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix 4P yakni Product, Price, Place dan Promotion selain itu Bank Muamalat juga melakukan strategi dengan jemput bola, melalui media sosial dan melakukan perkenalan di pengajian dll. (2) Kendala pada Tabungan IB Hijrah Haji ini yaitu terbatasnya SDM khusunya Customer Service dan juga Teller untu melayani nasabah tabungan haji ataupun nasabah lainnya. Jangkauan yang cukup jauh untuk masyarakat yang bertempat tinggal di desa serta keraguan dari masyarakat tentang Bank Muamalat sebagai salah satu bank syariah. (3) Solusi untuk mengatasi kendala tersebut Bank Muamalat berupaya untuk mempermudah nasabahnya dengan mempelajari di web resmi BMI, menginstal Mobile Banking dan diadakannya mobil Branch yang bertujuan untuk keliling diterpat tertentu serta waktu tertentu untuk datang langsung ke nasabah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tabungan IB Hijrah Haji

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163421 SINDHY KUSUMA WARDANI
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:36
Last Modified: 27 Apr 2021 05:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18135

Actions (login required)

View Item View Item