IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PEDULI LINGKUNGAN (Studi Multi Kasus di UPT SD Negeri Mangunan 01 Udanawu Blitar, dan MI Harapan Bangsa Kota Blitar)

WINDA LESTARI JAYA, 12505184034 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PEDULI LINGKUNGAN (Studi Multi Kasus di UPT SD Negeri Mangunan 01 Udanawu Blitar, dan MI Harapan Bangsa Kota Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Winda Lestari Jaya, 2020, “Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pendidikan Karakter Anak Peduli Lingkungan(Studi Multi Kasus di UPT SD Negeri Mangunan 01 Udanawu dan MI Harapan Bangsa Kota Blitar), Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing 1). Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr.H. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci: Implementasi, Program Adiwiyata, Evaluasi. Pada masa sekarang ini masih banyak masyarakat yang kurang peduli dalam merawat dan melestarikan lingkungan terbukti dengan banyaknya bencana yang terjadi saat ini. Hal ini tentunya berdampak negatif untuk kelangsungan hidup manusia kedepannya. Tingkah laku seperti merusak lingkungan yang tengah terjadi ini, pada dasarnya karena kurang dilakukannya suatu pengenalan nilai-nilai dengan baik dalam keluarga. Selain dari lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan juga merupakan usaha yang ampuh untuk turut serta menjadi wahana pembelajaran dalam menumbuhkan sikap kepedulian terhadap lingkungan bagi setiap anak. Maka dari itu Peneliti melakukan penelitian disekolah yang sudah benar-benar menerapkan Program tersebut yaitu di UPT SD Negeri Mangunan 01 dan MI Harapan Bangsa Kota Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan Program Adiwiyata dalam Pendidikan Karakter Aak Peduli Lingkungan, 2) Implementasi Program Adiwiyata dalam Pendidikan Karakter Aak Peduli Lingkungan ,3) Evaluasi Program Adiwiyata dalam Pendidikan Karakter Anak Peduli Lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan penelitian multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan mulai analisis data kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan 1). Perencanaan program Adiwiyata dalam pembentukan karakter siswa yaitu dengan melalui beberapa tahapan yaitu pertama dengan membentuk tim Adiwiyata sekolah, menyusun kajian lingkungan sekolah, menyusun rencana aksi lingkungan sekolah, melaksanakan kegiatan aksi lingkungan, serta evaluasi & monitoring, 2). Pelaksanaan program Adiwiyata dalam pembentukan karakter siswa menerapkan prinsip partispatif dan prinsip berkelanjutan serta dalam mewujudkan pelaksanaannya memuat a) kebijakan berwawasan lingkungan, b)pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, c) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, d) dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. 3 )Evaluasi dilaksanakan secara berkelanjutan dengan angket dan supervisi setiap satu minggu sekali sedangkan monitoring dan pengarahan siswa mengenai peduli lingkungan dilaksanakan setiap hari.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184034 WINDA LESTARI JAYA
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:01
Last Modified: 03 May 2021 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18126

Actions (login required)

View Item View Item