ANALISIS KEBIJAKAN RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Komparatif di KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung)

CHABIBATUL AZIZAH, 17401163020 (2020) ANALISIS KEBIJAKAN RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Komparatif di KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kebijakan Restrukturisasi Pembiayaan Bermasalah (Studi Komparatif KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung)” ini ditulis oleh Chabibatul Azizah, NIM 17401163020, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing: Ahmad Budiman, M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah anggota pembiayaan yang cukup banyak. Namun kedua lembaga ini tidak jarang terjadi pembiayaan bermasalah. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti tentang analisis kebijakan restrukturisasi pembiayaan bermasalah (studi komparatif di KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana cara KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung menyetujui pengajuan pembiayaan dari masyarakat atau anggota? (2) apa faktor – faktor penyebab pembiayaan bermasalah di KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung? (3) bagaimana cara menyelamatkan pembiayaan bermasalah di KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung? (4) bagaimana cara mengantisipasi terjadinya kembali pembiayaan bermasalah di KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui cara KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung untuk menyetujui pengajuan pembiyaan dari masyarakat atau anggota, (2) untuk mengetahui faktor – faktor penyebab pembiayaan bermasalah di KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung, (3) untuk mengetahui cara menyelamatkan pembiayaan bermasalah di KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung, (4) untuk mengetahui cara mengantisipasi terjadinya kembali pembiayaan bermasalah di KSPPS BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan Tulungagung. Jenis pendekatan ini adalah pendekatan deskriptif dan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data 3P yaitu Person (orang), Paper (kertas), dan Place (tempat). Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) cara menyetujui pengajuan pembiayaan adalah dengan melakukan analisis pembiayaan 5C. (2) faktor – faktor penyebab pembiayaan bermasalah adalah kurang cakapnya pegawai dan karakter anggota yang kurang baik. (3) cara menyelamatkan pembiayaan bermasalah dengan melakukan perubahan struktur pembiayaan. (4) cara mengantisipasi terjadinya kembali pembiayaan adalah dengan menerapkan prinsip kehati – hatian dalam melakukan survey. Kata kunci: analisis kebijakan restrukturisasi, pembiayaan bermasalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163020 CHABIBATUL AZIZAH
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:14
Last Modified: 26 Apr 2021 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18116

Actions (login required)

View Item View Item