BERPIKIR VISUAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS TERPADU ASH-SHUFI KADEMANGAN BLITAR

BINTI KHASANATUS SHUFIDDINA, 17204163250 (2020) BERPIKIR VISUAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS TERPADU ASH-SHUFI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Shufiddina, Binti Khasanatus. 17204163250, 2020. Berpikir Visual Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Visual, Kemampuan Matematika Berpikir visual memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika dan pemecahan masalah matematika, salah satunya adalah dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar. Berpikir visual merupakan kemampuan untuk memahami, menafsirkan dan mengubah suatu informasi ke dalam bentuk visual, interaksi antara melihat, mengenali, membayangkan, serta menggambarkan/memperlihatkan sehingga dapat divisualisasikan ke dalam bentuk gambar, grafik, sketsa, diagram, dll, untuk membantu/mempermudah dalam memahami suatu informasi. Tidak semua siswa memiliki kemampuan berpikir visual yang sama. Sehingga dapat menyebabkan perbedaan kemampuan berpikir visual antara siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana berpikir visual siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar, 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana berpikir visual siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar, 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana berpikir visual siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa kemampuan matematika tinggi, 2 siswa kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa kemampuan matematika rendah. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kemampuan matematika, soal tes berpikir visual dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes kemampuan matematika, tes berpikir visual dan wawancara. Tahap analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berpikir visual siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator berpikir visual, yang meliputi melihat, mengenali, membayangkan, serta memperlihatkan/menggambarkan, 2) Berpikir visual siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi dua indikator berpikir visual, yang meliputi melihat dan mengenali, 3) Berpikir visual siswa berkemampuan matematika rendah hanya memenuhi satu indikator berpikir visual, yang meliputi melihat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163250 Binti Khasanatus Shufiddina
Date Deposited: 01 Feb 2021 02:54
Last Modified: 26 Apr 2021 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18092

Actions (login required)

View Item View Item