PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

JALIL, MUHAMMAD ABDUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Sampul - Abstrak.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Abdul Jalil, NIM: 3217113071, dibimbing oleh Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sains. Salah satu indikator rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Sains ini adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan guru masih menerapkan paradigma lama. Yaitu sering menerapkan metode atau model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung terkesan rendah. Untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sangatlah tepat, karena model ini dapat mendorong kerja sama siswa dalam menguasai pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan kerjasama siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran sains pokok bahasan energi dan penggunaannya siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan? dan 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran sains pokok bahasan energi dan penggunaannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan? Adapun pola penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan kerjasama dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran sains pokok bahasan energi dan penggunaannya siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan, dan 2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Sains pokok bahasan energi dan penggunaannya siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Sains dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi dan penggunaannya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang semula 66,17 (pre test), meningkat menjadi 74,71 (post test siklus 1) dan meningkat lagi menjadi 87,94 (post test siklus 2). Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar. Terbukti dengan presentase ketuntasan belajar pre test (29,41%) meningkat pada post test siklus 1 (55,88%), dan meningkat lagi pada post test siklus 2 (85,29%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1755154030 MUHAMMAD ABDUL JALIL
Date Deposited: 05 Oct 2015 06:23
Last Modified: 05 Oct 2015 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item