STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BLITAR

DEVI PURNAMANING AYU, 17201163070 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Devi Purnamaning Ayu. NIM 17201163070. “Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena zaman sekarang yang berfokus pada kemerosotan akhlak. Terutama pada anak usia sekolah. Pendidikan akhlak dianggap sangat penting dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berkembang. Dibutuhkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk mengajarkan dan membentuk akhlak yang baik guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar; (2) Mendeskripsikan faktor pendukung Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar; (3) Mendeskripsikan hambatan Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data kepala sekolah, guru Bimbingan Konseling, Guru Akidah Akhlak dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan membicarakan dengan teman sejawat, perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar yaitu dengan cara (a) pemberian atau penyampaian materi berkaitan dengan akhlakul karimah dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learnig (CTL) dan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, menggunakan metode pembelajaran diskusi, tanya jawab dan kerja kelompok, (b) menggunakan strategi pembiasaan di lingkungan madrasah yang berkaitan dengan akhlakul karimah seperti melaksanakan ibadah sholat berjamaah, musofahah, tadarus Al Quran, (c) pemberian contoh atau teladan yang baik oleh seorang guru kepada peserta didik, (d) pendekatan secara personal, guru memberikan dan menularkan nilai-nilai positif yang dimiliki seorang pendidik. Guru Akidah Akhlak selalu menciptakan suasana dan kondisi yang interaktif dimana bisa membuat peserta didik merasa nyaman ketika sharing atau meminta solusi dari masalah yang sedang dialaminya. (2) Faktor pendukung Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar yaitu melalui kegiatan kegiatan yang sering dilakukan di madrasah, seperti kegiatan musofahah, sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah di masjid madrasah, kegiatan amal di HariJumat, kegiatan Jumat bersih, kegiatan santunan anak yatim di madrasah dan kegiatan ekstrakulikuler. (3) Hambatan Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar yaitu pemahaman dan daya tangkap setiap individu peserta didik berbeda, motivasi belajar peserta didik kurang, lingkungan tempat tinggal peserta didik kurang baik, keluarga dari peserta didik yang broken home atau keluarganya kurang harmonis, dan kurangnya pendidikan agama yang diberikan oleh orangtua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163070 DEVI PURNAMANING AYU
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:21
Last Modified: 27 Apr 2021 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18071

Actions (login required)

View Item View Item