ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH GAPURA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI DESA NAMBAKAN KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI

ADAM ABABIL, 17402163631 (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH GAPURA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI DESA NAMBAKAN KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Gapura dalam Meningkatkan Penjualan Produk di Desa Nambakan Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Adam Ababil , NIM. 17402163631, dengan Pembimbing Jusuf Bachtiar, S.S, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan dalam sebuah usaha bisnis kecil menengah terutama bisnis makanan tradisional. Dimana sebuah usaha kecil menengah harus menghadapi persaingan tersebut yang salah satunya dengan peningkatan jumlah penjualan produk. Dengan meningkatkan jumlah penjualan produk diperlukan strategi pemasaran yang cukup efektif agar jumlah penjualan produk terus mengalami peningkatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam terhadap pemilik usaha, bagian pemasaran dan bagian produk pada UKM Gapura. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana strategi yang diterapkan oleh Usaha Kecil Menengah Gapura. 2) Apa kendala dan solusi dalam menerapkan strategi pemasaran Usaha Kecil Menengah Gapura. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh UKM Gapura ini menggunakan strategi pemasaran 4P, yaitu : 1) Product, dengan memproduksi makanan tradisional yaitu permen tape dan menjaga kualitas dari produk permen tape tersebut dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pemasaran. 2) Price, UKM Gapura memberikan harga yang terjangkau yang sesuai dengan rasa dan kualitas produk permen tape. 3) Place, kebersihan adalah yang paling penting dalam proses produksi agar produk yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi. Produk permen tape ini telah di distribusikan ke toko pusat oleh-oleh dengan sasaran wisatawan lokal. 4) Promotion, UKM Gapura mempromosikan produk permen tape dengan mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Menengah Kabupaten Kediri hingga promosi melalui media sosial. Kendala yang dihadapi UKM Gapura saat melaksanakan strategi pemasran, yaitu : 1) kondisi perekonomian yang belum stabil. 2) Penolakan produk oleh toko oleh-oleh yang disebabkan kalah cepat untuk menawarkan produk permen tape yang menyebabkan toko lebih memilih produk yang telah bekerja sama sebelumnya. Dan solusi untuk menghadapi kendala yang dialami oleh UKM Gapura adalah lebih giat untuk mempromosikan produk permen tape melalui media sosial dan mempercepat melakukan pemasaran supaya tidak didahului oleh produk lain. Kata kunci : Penjualan Produk, Strategi Pemasaran, Usaha Kecil Menengah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 17402163631 ADAM ABABIL
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:15
Last Modified: 26 Apr 2021 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18046

Actions (login required)

View Item View Item