PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK (RME) BERDASARKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD INOVATIF AISYIYAH DAN MI MODERN SAKTI

SITI RODI'AH, 12505184033 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK (RME) BERDASARKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD INOVATIF AISYIYAH DAN MI MODERN SAKTI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Matematika Realistik (RME) Berdasarkan Metode Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD Inovatif Aisyiyah dan MI Modern Sakti” ini ditulis oleh Siti Rodi’ah dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS), Matematika Realistik, Metode Project Based Learning, Hasil Belajar. Perkembangan IPTEK yang sangat pesat ini menuntut manusia untuk mengembangkan keterampilan berpikir. Pengembangan keterampilan berpikir dapat dirangsang dalam suatu proses pembelajaran di kelas, yaitu melalui pembelajaran matematika. Mengingat pentingnya pembelajaran Matematika sejak dini, Pemerintah menetapkan Matematika sebagai mata pelajaran wajib yang diajarkan pada semua jenjang pendidikan. Termasuk pada pendidikan Sekolah Dasar yaitu sebagai tonggak awal pengetahuan matematika pada jenjang berikutnya. Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Matematika Realistik (RME) berdasarkan metode Project Based Learning ini didasarkan pada temuan masalah di lapangan yaitu ketidaksesuaian LKS Matematika yang digunakan oleh Lembaga dengan orientasi Kurikulum 2013 dan kebutuhan peserta didik. Lembar Kerja Siswa merupakan bahan ajar cetak yang berisi materi, soal-soal dan serangkaian petunjuk dalam melakukan aktvitas belajar dan dalam penggunaannya diperlukan sumber belajar lain agar dapat mencapai KD yang telah ditetapkan. Melalui aktivitas belajar secara nyata, dengan memanfaatkan kondisi lingkungan siswa untuk dijadikan sumber masalah, LKS ini dapat dimanfaatkan dalam belajar matematika secara mandiri maupun kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana desain pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika berbasis RME berdasarkan metode Project Based Learning di SD Inovatif Aisyiyah dan MI Modern Sakti ?,(2) Bagaimana kevalidan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika berbasis RME berdasarkan metode Project Based Learning di SD Inovatif Aisyiyah dan MI Modern Sakti?, (3) Bagaimana efektifitas Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis RME berdasarkan metode Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Inovatif Aisyiyah dan MI Modern Sakti? Tesis ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan desain pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis RME berdasarkan metode Project Based Learning di SD Inovatif Aisyiyah dan MI Modern Sakti, (2) Mendeskripsikan kevalidan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika berbasis RME berdasarkan metode Project Based Learning di SD Inovatif Aisyiyah dan MI Modern Sakti, (3) Mendeskripsikan efektifitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika berbasis RME berdasarkan metode Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Inovatif Aisyiyah dan MI Modern Sakti. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahapan diantaranya adalah sebagai berikut (1) Penelitian pendahuluan, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk awal, (4) Uji coba awal, (5) Revisi uji coba awal, (6) Uji lapangan, (7) Produk akhir. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Desain pengembanngan LKS berbasis RME berdasarkan metode project based learning telah memenuhi empat syarat yang berlaku, yaitu: (a) syarat proses ditunjukkan pada hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar berupa LKS yang memberikan pengalaman belajar matematika secara nyata, dan hasil analisis kurikulum berupa identifikasi KI, KD, indikator pembelajaran, dan jenis-jenis materi berupa konsep, prinsip dan prosedur, (b) syarat struktur ditunjukkan pada hasil desain penyusunan LKS yang meliputi, cover depan, pedoman penggunaan buku, daftar isi, peta konsep, materi kontekstual, aktivitas proyek, aktivitas mengamati, aktivitas melanalar, lembar evaluasi, uji kompetensi, dan penilaian, (c) syarat komponen dan syarat pengguna yang ditunjukkan hasil penilaian kuantitatif dari dosen ahli materi dan ahli media (2) LKS berbasis RME berdasarkan metode project based learning dinyatakan valid dari segi Standar Isi, kebahasaan, sajian, kegrafikan, dan syarat pengguna berdasarkan hasil uji validasi ahli media yang memperoleh skor rata-rata 84,13% dan ahli materi yang memperoleh skor rata-rata 89,25%, sedangkan dari segi efektifitas penggunaan, didasarkan pada perolehan angket penilaian siswa sebesar 83,6% dan peningkatan hasil belajar siswa dari skor rata-rata nilai pretest sebesar 73 menjadi 83 pada skor rata-rata nilai posttest, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika berbasis RME berdasarkan metode Project Based Learning dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu, berdasarkan perolehan nilai rata-rata posttest dari kelas eksperimen sebesar 83 dan kelas kontrol sebesar 73, sedangkan perhitungan Independent sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,005 dan sig level adalah 0,000 < 0,005. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan LKS berbasis RME berdasarkan metode project based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis RME berdasarkan metode project based learning layak diimplementasikan sebagai bahan ajar yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika di SD Inovatif Aisyiyah dan MI Modern Sakti.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Rodiah 12505184033 Siti Rodiah
Date Deposited: 02 Feb 2021 01:35
Last Modified: 29 Apr 2021 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item View Item