LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIKROLE PLAYING UNTUK MENGATASI SELF EFFICACY SISWA YANG RENDAH DI SMP NEGERI 6 KABUPATEN TRENGGALEK

ANGELIA RESTU RAMADANTI, 17306163099 (2020) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIKROLE PLAYING UNTUK MENGATASI SELF EFFICACY SISWA YANG RENDAH DI SMP NEGERI 6 KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role-playing untuk Mengatasi Self Efficacy Siswa yang Rendah (Studi Kasus di SMP Negeri 6 Kabupaten Trenggalek), ditulis oleh Angelia Restu Ramadanti, dibimbing oleh Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak sekali kasus-kasus yang terjadi. Dalam kegiatan di sekolah banyak peserta didik yang masih tidak memiliki keyakinan dalam kemampuannya untuk melakukan sesuatu atau self efficacy nya rendah. Misalnya saja seperti kasus yang terjadi di SMPN 6 Trenggalek ini, dimana ketika siswa mulai merasa bosan dengan salah satu mata pelajaran karena dirasa pelajaran tersebut sangatlah susah. Siswa tersebut sudah memiliki rasa pesimis terlebih dahulu. Adapun melalui latar belakang tersebut, terdapat dua rumusan masalah utama yakni: 1) Bagaimana tingkat self efficacy siswa/i VIII SMPN 6 Trenggalek? 2) Apakah bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa yang rendah di kelas VIII SMPN 6 Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan self efficacy siswa yang rendah di kelas VIII SMPN 6 Trenggalekdan seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian jenis kuantitatif. Yang mana jenis penelitian ini berbentuk angka untuk menguji suatu hipotesis. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah jenis pendekatan analisis deskriptif. Hasil akhirnya, menunjukan bahwa hasil uji Independent Sampel T Test yaitu diperoleh hasil nilai thitungsebesar 3.0624 >ttabel sebesar 2.2281 dengan signifikansi sebesar 0,00. Nilai signifikansi menunjukan 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolakdan Ha diterima yang berarti ada perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknikrole playingini telah menunjukan bahwa metode ini mampu meningkatkan self efficacy siswa kelas kelas VIII SMPN 6 Trenggalek. Setidaknya layanan bimbingan kelompok dengan role playing di berikan telah memberikan sedikit pemahaman serta pengalaman baru bagi siswa mengenai pentingnya memiliki self efficacy dalam diri. Kata Kunci: Bimbingan; Pengaruh; Role-playing; Self Efficacy; Siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306163099 Angelia Restu Ramadanti
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:02
Last Modified: 26 Apr 2021 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18009

Actions (login required)

View Item View Item