STRATEGI PEMBELAJARAN SISTEM BILINGUAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS SISWA (Studi Multikasus di SD Internasional Zumrotus Salamah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung dan MI Al- Azhar Bandung Tulungagung)

BADIATUN MUNIROH, 12505184006 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN SISTEM BILINGUAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS SISWA (Studi Multikasus di SD Internasional Zumrotus Salamah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung dan MI Al- Azhar Bandung Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Abstrak Badiatun Muniroh, Nim: 12505184006. 2020.Strategi Pembelajaran Sistem Bilingual Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa (Studi Multikasus Di Sd Internasional Zumrotus Salamah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung Dan Mi Al- Azhar Bandung Tulungagung)Tesis. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Program Magister Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Dan Dr. H. Zaini Fasyas.Ag.,M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Sistem Billingual, Kompetensi Bahasa Inggris Siswa Sitem Billingual Di Sdi Zumrotus Salamah Dan Mi Al-Azhar Bandung Merupakan Suatu Strategi Pembelajaran Yang Menggunakan Dua Bahasa Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa. Penggunaan Dua Bahasa Dalam Pembelajaran Disebut Bilingual Yang Berarti Lembaga Pendidikan Menerapkan Dua Bahasa Dalam Pembelajaranyaitu Bahasa Inggris Dan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris Merupakan Bahasa Komunikasi Internasional Baik Dalam Bidang Pembangunan,Teknologi, Ekonomi, Maupun Pendidikan. Sejalan Dengan Pesatnya Teknologi, Kebutuhan Akan Kemampuan Berbahasa Inggris Semakin Terasa.Maka Dari Itu Sekolah Mengadakan Pembelajaran Sistem Billingual Dalam Memberikan Pelajaran Bahasa Inggris Secara Intensif, Menyenangkan, Dan Berkesinambungan Kepada Para Siswa Sejak Anak-Anak Masih Duduk Dibangku Sekolah Dasar Dengan Konsep Empat Kompetensi Dasar Dalam Bahasa Inggris Yaitu Kompetensi Listening, . Kompetensi Speaking, Kompetensi Reading Dan Kompetensi Writing. Fokus Dalam Penelitian Ini Adalah: (1) Bagaimana Pembelajaran Sistem Bilingual Kompetensi Listening Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa Di Sd Internasional Zumrotus Salamah Dan Mi Al-Azhar Bandung?; (2) Bagaimana Pembelajaran Sistem Bilingual Kompetensi Speaking Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa Di Sd Internasional Zumrotus Salamah Dan Mi Al-Azhar Bandung?’(3)Bagaimana Pembelajaran Sistem Bilingual Kompetensi Reading Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa Di Sd Internasional Zumrotus Salamah Dan Mi Al-Azhar Bandung?’(4) Bagaimana Pembelajaran Sistem Bilingual Kompetensi Writing Bandung Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa Di Sd Internasional Zumrotus Salamah Dan Mi Al-Azhar?. Metodologi Penelitian Ini Menggunakan Data Kualitatif Yang Merupakan Suatu Pendekatan Dalam Melakukan Penelitian Berorientasi Pada Penomena Atau Gejala Yang Bersifat Alami Yang Biasa Disebut Dengan Field Study Atau Naturalistic Inquiryjenis Studi Multikasus. Adapun Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Yaitu Menggunakan Wawancara Mendalam, Observasi Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Yaitu:(1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Penarikan Kesimpulan. Kemudian Data Dianalisis Dengan Analisis Kasus Tunggal Dan Analisis Lintas Kasus, Dilanjutkan Dengan Penyusunan Proposisi Lintas Kasus.Adapun Pengecekan Keabsahan Data Menggunakan Triangulasi. Teknik Triangulasi Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Triangulasi Sumber Dan Triangulasi Tekhnik. Dari Hasil Penelitian Ini, Penulis Menyimpulkan Bahwa: 1) Pembelajaran System Billingual Kompetensi Listening Atau Menyimak Diterapkan Menggunakan Metode Menyimak Intensif, Menyimak Responsiv, Menyimak Selektif Dan Extensif Listening 2)Pembelajaran System Billingual Kompetensi Speaking Meliputi Penerapan Poster Dan Kartu English, Mechnical Drill Dan M Drilling Atau Latihan Pengulangan Ucapan Dan Interview Atau Wawancara 3) Pembelajaran System Billingual Kompetensi Reading Diterapkan Dengan Metode Course Book, Kreatifitas Guru Atau (Code Switching) Kemampuan Perpindahan Bahasa Inggris Dan Bahasa Indonesia 4) Pembelajaran System Billingual Kompetensi Writing Meliputi penerapan Kamus Mini, Writing Skill (Menyusun Teks Tulis) Dan Final Exam.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184006 badiatun muniroh
Date Deposited: 27 Jan 2021 03:02
Last Modified: 26 Apr 2021 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17986

Actions (login required)

View Item View Item