IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NAFI’ATUL YUSMIATI, 17205163047 (2020) IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (653kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Nafi‟atul Yusmiati, NIM. 17205163047. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Moderasi Beragama, Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa merupakan cikal bakal yang menjadi harapan semuanya. Tidak hanya orang tua dan keluarga melainkan Agama, Nusa dan Bangsa. Menjadi siswa yang berakhlakul karimah adalah dambaan semua orang. Apalagi diusia yang masih sangat rendah. Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berbentuk formal. Sebagai tempat pendidikan dasar dalam menuntut ilmu pengetahuan untuk anak usia dini. Melihat usia anak yang masih begitu sangat rendah menjadi kelompok yang sangat rawan terseret oleh arus radikalisme keagamaan. Maraknya aksi radikalisme yang mengatas namakan Islam di dunia khususnya di Negara kita tentunya membuat khawatir dan takut lebih-lebih kepada anak yang masih usia rendah. Untuk itu perlunya pengenalan sikap untuk berada ditengah-tengah atau pertengahan Islam yang disebut moderasi Islam pada pendidikan dasar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah rancangan moderasi beragama dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?, (2) Bagaimanakah penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimanakah faktor yang mempengaruhi penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Adapun teknik yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancangan moderasi beragama dalam pembelajaran Akidah Akhlak yaitu membentuk peserta didik yang menghormati guru dan juga orang tua, membentuk peserta didik untuk saling tolong menolong dan membentuk peserta didik yang bisa menghargai sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Serta menumbuhkan peserta didik yang taat beribadah kepada Allah melalui kegiatan sholat dhuhur berjama‟ah. (2) penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran Akidah Akhlak terlihat dari perencanaan pembelajaran pada RPP, pada proses pembelajaran, dan juga evaluasi. (3) faktor yang mempengaruhi penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran Akidah Akhlak ada 2 yaitu dari keseluruhan warga madrasah tidak ada faktor penghambatnya. Sedangkan dari sudut pandang lain gadget atau hp dan lingkungan sekitar yang menjadi faktor penghambat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163047 NAFI’ATUL YUSMIATI
Date Deposited: 27 Jan 2021 02:14
Last Modified: 28 Apr 2021 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17971

Actions (login required)

View Item View Item