PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG.

IMAM HADI NUR YAHMAN AL MAKALI, 17205153369 (2020) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi dan hasil Belajar Peserta Didik Kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.” yang ditulis oleh Imam Hadi Nur Yahman Al Makali. NIM.17205153369, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Model Contextual Teaching Learning (CTL), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Model pembelajaran merupakan sebuah perencanaan pengajaran yang menggambarkan proses belajar mengajar agar dicapai perubahan spesifik pada perilaku siswa. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) yaitu pembelajaran yang mendorong guru untuk menghubungkan materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa dengan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. (3) Adakah pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatmen (perlakuan) tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Mulai dari tahapan pengumpulan data dengan kuesioner, test, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data yaitu menggunakan uji Homogenitas dan uji Normalitas. Dan uji Hipotesis menggunakan T-test dan Manova. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan hasil uji statistik menunjukkan Test of Between-Subjects Effects Nilai F tes untuk variabel motivasi sebesar 236.659 dengan taraf signifikansi 0,000 > 0,05 yang berarti ada perbedaan pengaruh contextual teaching learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa (2) Ada pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan hasil uji statistik menunjukkan Test of Between-Subjects Effects pada nilai F tes variabel hasil belajar sebesar 526.372 dengan taraf signifikansi 0,000 > 0,05 yang berarti ada perbedaan pengaruh contextual teaching learning terhadap motivasi dan hasil belajar sisw. (3) Ada pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar fikih peserta didik kelas IIIMI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan hasil nilai R adjusted yang menyatakan jika model contextual teaching learning berpengaruh sebesar 71 % terhadap motivasi belajar siswa, dan berpengaruh sebesar 85 % terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153369 IMAM HADI NUR YAHMAN AL MAKALI
Date Deposited: 27 Jan 2021 01:50
Last Modified: 27 Apr 2021 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item