PENGARUH MINAT MENONTON TAYANGAN FILM RELIGI TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

HANIFATUL MA’RUFAH, 17201163216 (2020) PENGARUH MINAT MENONTON TAYANGAN FILM RELIGI TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Menonton Tayangan Film Religi terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung”. Ditulis oleh Hanifatul Ma’rufah, NIM. 17201163216, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Bapak Nuryani, S.Ag., M.Pd.I. NIP. 19710301 200701 1 029 Kata kunci: Minat Menonton Tayangan Film Religi, Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan media masa yang telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kehadiran film merupakan satu bentuk aktualitas komunikasi dan interaksi manusia yang diolah berdasarkan alur cerita untuk mengangkat permasalahan hidup manusia sehari-hari. Banyaknya film yang menggambarkan sisi-sisi sosial dan moral dalam kehidupan masyarakat, tentu sangat bermanfaat bagi pemirsa dalam kehidupan masyarakat, serta bermanfaat bagi pemirsa dalam menentukan sikap. Pesan-pesan film terkadang terungkap secara simbolis dalam alur ceritanya. Akan tetapi fenomena yang terjadi sekarang ini adalah terjadinya krisis akhlak pada umat Islam. Permasalahan tersebut dapat dilihat dari akhlak siswa di dalam kelas maupun lingkungan sekolah masih sangat kurang. Seperti halnya siswa berperilaku tidak sopan santun terhadap guru. Untuk merealisasikan hal tersebut guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Ngunut Tulungagung mengajak siswa-siswanya melihat tayangan film religi di sekolah pada saat kegiatan pondok Ramadhan. Sehingga siswa secara tidak langsung akan tertanam sifat-sifat yang mengandung akhlak dan siswa akan terbiasa melihat film religi di sekolah maupun di rumah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak siswa kepada Allah Swt. di SMPN 1 Ngunut Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak siswa kepada sesama manusia di SMPN 1 Ngunut Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak siswa kepada lingkungan di SMPN 1 Ngunut ? (4) Seberapa besar pengaruh minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak kepada Allah Swt., akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada lingkungan siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung ? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak siswa kepada Allah Swt. di SMPN 1 Ngunut Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak siswa kepada sesama manusia di SMPN 1 Ngunut Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak siswa kepada lingkungan di SMPN 1 Ngunut Tulungagung, (4) Untuk mengetahui besarnya pengaruh minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak kepada Allah Swt., akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada lingkungan siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung yang berjumlah 256 siswa. Selanjutnya untuk pengambilan sampel setiap kelasnya ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, berhubung jumlah subjeknya besar peneliti hanya mengambil 25% dari jumlah siswa ada pada setiap kelas, sehingga dapat diperoleh sampel sebanyak 64 siswa. Dikarenakan terdapat 8 kelas, maka setiap kelasnya diambil 8 siswa dengan menggunakan sistem undian. Alasannya yaitu, karena subyek dari sampel tersebut dapat mewakili dari populasi yang ada dan dapat mempermudah dalam uji kevalidannya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji manova dan menggunakan program SPSS 10.0 for Woindows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak siswa dengan hasil hitung sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan antara minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak kepada Allah Swt. siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan antara minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak kepada sesama manusia siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan antara minat menonton tayangan film religi terhadap akhlak kepada lingkungan siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, (4) Pengaruh minat menonton tayangan film religi memiliki pengaruh positif terhadap akhlak kepada Allah Swt., akhlak kepada sesama, dan akhlak kepada lingkungan siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung masing-masing sebesar 54,2%, 43,5%, 52,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163216 HANIFATUL MA’RUFAH
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:44
Last Modified: 27 Apr 2021 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17938

Actions (login required)

View Item View Item