STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING DENGAN HUMOR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

YOGA DWI CHARISMA, 17201163211 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING DENGAN HUMOR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (453kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Joyful Learning Dengan Humor Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” ini ditulis oleh Yoga Dwi Charisma, NIM. 17201163211, yang di bimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata Kunci: Joyful Learning, Humor, Implementasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan dimana sekarang ini kegiatan pembelajaran dikelas berjalan kurang maksimal. Dikatakan demikian karena banyak guru yang hanya menghabiskan waktu pembelajaran selama berjam-jam hanya untuk berceramah di depan kelas sehingga terkesan monoton dan membosankan sehingga menurunkan semangat belajar peserta didik. Maka dari itu dibutuhkanlah sebuah strategi untuk dapat membangkitkan kembali semangat belajar pesrta didik ketika sudah mulai bosan dalam pembelajaran. Salah satunya dengan strategi joyful learning dengan humor. Pembelajaran yang menyenangkan dapat diwujudkan dengan menggunakan menggunakan humor di sela-sela pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1 ) Bagaimana konsep humor pada pembelajaran Joyful Learning dalam pembelajaran? (2) Bagaimana efektivitas strategi Joyful Learning dengan humor dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? (3) Bagaimana rancangan implementasi strategi Joyful Learning dengan humor dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? Adapun yang menjadi tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis konsep humor pada pembelajaran Joyful Learning dalam pembelajaran. (2) Untuk mengetahui efektifitas strategi Joyful Learning dengan humor dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis rancangan implementasi strategi Joyful Learning dengan humor dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian literer dengan mengambil obyek penelitian dari buku, jurnal maupun artikel yang memperkuat teori bahwa strategi joyful learning dengan humor dapat membantu proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran mampu tercapai. Untuk memperoleh data yang sesuai dengan topik pembahasan tersebut penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu metode untuk memperoleh data dari buku, jurnal maupun artikel yang relevan dengan masalah-masalah tersebut. Analisis data dilakukan dengan metode deduktif, yaitu pemikiran yang bertolak pada fakta-fakta yang umum kemudian ditarik pada kesimpulan yang bersifat khusus, dan metode induktif, yaitu dengan cara mengambil suatu kesimpulan dari situasi yang konkret menuju pada hal-hal yang abstrak atau dari pengertian yang khusus menuju oengertian yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Strategi joyful learning (pembelajaran menyenangkan) dapat diciptakan dengan humor khususnya padamata pelajaran pendidikan agama Islam dengan memperhatikan batasan-natasan yang sesuai dengan syariat Islam (2) Strategi joyful learning dengan humor ini efektif digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, tetapi pendidik juga harus memperhatikan beberapa hal dalam menggunakan humor dalam pembelajaran, salah satunya yaitu dalam menggunakan humor jangan sampai keluar konteks pembelajaran. (3) Merancang suatu proses belajar yang menyenangkan merupakan hal yang sangat penting, karena belajar yang menyenangkan adalah jalan utama bagi seseorang untuk dapat mengoptimalkan hasil yang bisa dicapai dalam proses belajar mengajar. Untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang menyenangkan tersebut guru bisa menggunakan humor di sesi pembelajaran, guru juga harus memperhatikan waktu dan teknik menggunakan humor dalam pembelajaran, waktu dan teknik menggunakan humor dibagi menjadi tiga kesempatan, pertama pertemuan awal yang mengesankan, kedua jeda strategis, ketiga di akhir sesi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163211 YOGA DWI CHARISMA
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:05
Last Modified: 03 May 2021 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item View Item