PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 02 KOTA BLITAR

RUDIAN AINU FAIZIN, 17201163024 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 02 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbasis Media Aplikasi Google Meet terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 02 Kota Blitar” ini di tulis oleh Rudian Ainu Faizin, NIM. 17201163024. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd, NIP. 1972 0417 200604 1002 Kata Kunci : E-Learning, Google Meet, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi adanya peristiwa pandemic covid-19 yang berdampak pada kegiatan pembelajaran siswa. Sehingga pembelajaran secara bertatap muka yang biasanya dilakukan, kini mengharuskan pembelajaran secara online dari rumah masng masing peserta didik. Dengan hal tersebut peneliti melakukan studi penelitian terkait pengaruh pembelajaran e-learning berbasis aplikasi google meet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Identifikasi masalah pada penelitian ini adalah: (1) Penggunaan media pada mata pelajaran Fiqih kurang efektif dan efisien sehingga hasil belajar kurang maksimal, (2) Kurangnya pemahaman materi siswa pada mata pelajaran Fiqih, (3) Masih banyak siswa yang nilainya belum mencapai KKM, yaitu 72, dan (4) Terbatasnya model pembelajaran yang di lakukan guru pada siswa dalam pemberian materi mata pelajaran fiqih di era pandemic covid19. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah adakah pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran e-learning berbasis media aplikasi Google Meet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 02 Kota Blitar?, Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran e-learning berbasis media aplikasi Google Meet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 02 Kota Blitar Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan Sampel siswa kelas VII C dan VII D di MTs Negeri 02 Kota Blitar, yang terdisi dari 72 siswa. Variabel bebas : model pembelajaran e-learning berbasis media aplikasi Google Meet (X). Variabel terikat : Motivasi dan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Negeri 02 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data : angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data : uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji t-test, uji manova. Hasil penelitian : Terdapat pengaruh yang signifikan antara antara model pembelajaran e-learning berbasis media aplikasi Google Meet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 02 Kota Blitar yang ditunjukkan oleh nilai sig < 0,05, yaitu sebesar 0,007. (0,007 > 0,05). Maka H a diterima dan H0 ditolak

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 17201163024 Rudian Ainu Faizin
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:09
Last Modified: 29 Apr 2021 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17935

Actions (login required)

View Item View Item