STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Lintas Situs di MTs Nurul Ulum Blitar dan MTs Al-Mawaddah Nglegok Blitar)

MUH. MASLUKI, 12501174021 (2019) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Lintas Situs di MTs Nurul Ulum Blitar dan MTs Al-Mawaddah Nglegok Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (871kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

ABSTRAK Muh. Masluki. 201 9. Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Lintas Situs di MTs Nurul Ulum Blitar dan MTs Al-Mawaddah Nglegok Blitar). Tesis, Jurusan Managemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing (1): Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag (II): Dr. Hj. Sulis Setyorini M.Ag Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Kompetensi Guru Kepala madrasah merupakan kunci keberhasilan dalam melaksanakan manajemen pendidikan. Sebagai pemimpin di sebuah lembaga, ia harus mampu membawa lembaga tersebut ke arah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Ia harus melihat adanya perubahan serta mampu melihat dan merespon tantangan masa depan ke arah yang lebih baik. Sehingga, Kepala madrasah mampu memberdayakan Guru, Tenaga Kependidikan dan seluruh warga madrasah untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas, lancar dan Produktif. Kepala madrasah selaku pemimpin memiliki peranan sangat besar dalam meningkatkan kompetensi guru. Guru sebagai tenaga pendidik dalam pendidikan memegang peranan penting dalam mewujudkan keberhasilan tujuan lembaga pendidikan yang berkualitas. Guru dituntut mampu melaksanakan program kegiatan pembelajaran sekolah sesuai dengan kualifikasi profesinya. Oleh karena itu, Guru adalah merupakan pendidik profesional yang tidak hanya memiliki tugas mengajar, akan tetapi juga memiliki tugas untuk mendidik, membimbing, mengarahkan dan melatih serta menilai dan mengevaluasi hasil proses pembelajaran. Seperti yang tergambarkan pada pembahasan selanjutnya maka pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan penelitian kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan oleh kaum fenomenologis, yang mana untuk menangkap makna-makna dari tingkah laku manusia kaum fenomenologi berusaha memandang sesuatu dari sudut pandang orang yang ‘bertingkah laku’ itu sendiri. Pendekatan ini peneliti gunakan karena peneliti ingin menyentuh ke aspek sosialnya (fakta sosial) yang sangat luwes, lebih manusiawi, dan hasil dari penelitian ini tidak dapat diprediksikan secara statistik dan matematis yang terlalu kaku. Pendekatan kualitatif diarahkan pada latar dan individu secara holistik (utuh). Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Nurul Ulum dan MTs Al Mawaddah Nglegok mempunyai banyak cara atau perencanaan yang dilakukan oleh kepala madrasah. 1) Guru merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan program pengajaran dan tujuan dari kompetensi tersebut. 2) Para guru dituntut mempunyai kompetensi untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru. Oleh karena itu pengembangan sumber daya atau potensi yang dimiliki oleh seorang guru harus selalu dilakukan. 3) Kepala madrasah sangat memahami posisinya sebagai seorang pemimpin dalam suatu lembaga ataumadrasah tersebut sebagai educator, pemimpin, organisator, innovator, manajer, motivator, dan supervisor.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501174021 MUH. MASLUKI
Date Deposited: 25 Jan 2021 06:58
Last Modified: 28 Apr 2021 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17920

Actions (login required)

View Item View Item