KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMBER SENSE KELAS VII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

AULIA DIFAENI ROMANTI, 17204163170 (2020) KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMBER SENSE KELAS VII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (204kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Number Sense Kelas VII di MTsN 5 Tulungagung” ditulis oleh Aulia Difaeni Romanti. NIM. 17204163170, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci : Koneksi Matematis, Number Sense, Masalah Matematika Koneksi matematis merupakan kemampuan siswa dalam mencari hubungan antar konsep – konsep baik dalam matematika ataupun dalam bidang lainnya, memahami antar topik pada matematika dan mengaplikasikan konsep matematika dalam bidang lain ataupun dalam kehidupan sehari- hari. Tanpa koneksi matematis, siswa harus banyak mengingat konsep - konsep dan prosedur matematika. Sehingga, dalam menyelesaikan masalah matematika, siswa akan mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kemampuan number sense. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika siswa berkemampuan number sense tinggi di MTsN 5 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika siswa berkemampuan number sense sedang di MTsN 5 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika siswa berkemampuan number sense rendah di MTsN 5 Tulungagung. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menetapkan enam subjek penelitian dan satu masalah utama, yaitu masalah matematika. Keenam subjek penelitian tersebut terdiri atas dua subjek berkemampuan number sense tinggi, dua subjek berkemampuan number sense sedang, dan dua subjek berkemampuan number sense rendah. Peneliti juga melakukan wawancara secara mendalam terhadap enam subjek tersebut. Wawancara tersebut dilakukan setelah subjek menyelesaikan tugas atau masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di MTs Negeri 5 Tulungangung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes yang diberikan terdiri dari dua tes yaitu tes kemampuan number sense dan tes masalah matematika. Untuk teknik wawancara yang digunakan untuk mendalami koneksi matematis siswa. Hasil penelitian ini adalah: pertama, koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika siswa berkemampuan number sense tinggi, mempunyai koneksi matematis pada tingkat tinggi. Kedua, koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika siswa berkemampuan number sense sedang, mempunyai koneksi matematis pada tingkat sedang. Ketiga, koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika siswa berkemampuan number sense rendah, mempunyai koneksi matematis pada tingkat rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Romanti Aulia Difaeni
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:52
Last Modified: 26 Apr 2021 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17912

Actions (login required)

View Item View Item