PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

KHUSNIAWATI, LIA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1-SAMPUL.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-PERSETUJUAN.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-PENGESAHAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
4-MOTTO.pdf

Download (201kB)
[img] Text
5-PERSEMBAHAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
6-KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
7-DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8-DAFTAR TABEL.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9-DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11-ABSTRAK LIA.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Lia Khusniawati, NIM: 3217113059, dibimbing oleh Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sains Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. sering kali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang monoton yang dilakukan di Madrasah tersebut, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Dalam pembelajaran Sains ada beberapa model pembelajaran yang bisa diigunakan guru untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, model kooperatif tipe jigsaw sangatlah tepat, karena model ini dapat mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran SAINS pada materi Batuan siswa kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran SAINS pada materi Batuan siswa kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran SAINS pada materi Batuan siswa kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk Meningkatkan hasil belajar SAINS melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi Batuan pada siswa kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Sains dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi batuan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang semula 71,37 (pre test), meningkat menjadi 73,44 (post test siklus 1) dan meningkat lagi menjadi 80,68 (post test siklus 2). Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar. Terbukti dengan presentase ketuntasan belajar pre test (41,37%) meningkat pada post test siklus 1 (62,06%), dan meningkat lagi pada post test siklus 2 (82,75%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: LIA KHUSNIAWATI
Date Deposited: 08 Sep 2015 03:45
Last Modified: 08 Sep 2015 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item