STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI MAN 1 BLITAR

NUR FAIZIN ZUHRI, 1721143315 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membangun Budaya Religius Siswa di MAN 1 Blitar.” yang ditulis oleh Nur Faizin Zuhri dengan dibimbing oleh Annisatul Mufarokah, M.pd Kata kunci: Guru, Pendidikan Akidah Akhlak, Budaya Religius Siswa Pendidikan agama di sekolah secara khusus dan di masyarakat secara umum adalah masih terdapat jarak antara pemahaman agama mayarakat terhadap perilaku relegius yang diharapkan. Indikator yang sangat nyata adalah semakin meningkatnya para pelajar yang terlibat dalam tindakan pidana, seperti tawuran, pergaulan narkoba, pencurian, pemerkosaan, pergaulan bebas dan sebagainya. Fakta tersebut merupakan hal yang menarik untuk diteliti, sehingga dapat diketahui bagaimana strategi guru akidah ahklak dalam membangun budaya religius. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru akidah ahklak dalam membangun budaya religius siswa di dalam kelas di MAN 1 Blitar?, (2) Bagaimana strategi guru akidah ahklak dalam membangun budaya religius siswa di luar kelas di MAN 1 Blitar?. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriftif analisis, yaitu peneliti melakukan tahapan penelitian dengan proses apa adanya dengan melakukan analisis mendalam dengan natural. Mulai dari tahapan pengumpulan data, pengolahan data hingga penyajian data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan teori yang dikemukakan oleh Moleong, yaitu ada empat kriteria yang digunakan, derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Adapun hasil penelitian ini adalah: 1. Strategi Guru Akidah Ahklak dalam Membangun Budaya Religius Siswa di dalam kelas MAN 1 Blitar adalah dengan strategi internalisasi pada aspek akidah, ibadah dan ahklak yaitu dengan guru menyisipkan waktu guna memotivasi siswa untuk menanamkan nilai-nilai keagaman. Strategi keteladanan pada aspek akidah yaitu dengan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, pada aspek ibadah yaitu dengan infak mingguan, pada aspek ahklah yaitu ucap salam ketika masuk kelas. Strategi pembiasaan pada aspek ibadah yaitu dengan membaca Asmaul Husna, pada aspek ibadah dengan membaca Al-Qura’an, pada aspek ahklak yaitu ketika masuk keluar kelas izin ke guru. 2.Strategi Guru Akidah Ahklak dalam Membangun Budaya Religius Siswa di luar kelas MAN 1 Blitar adalah dengan strategi internalisasi pada aspek akidah, ibadah dan ahklak yaitu dengan guru menjadi konselor bagi siswanya. Strategi keteladanan pada aspek ibadah yaitu dengan sholat dukha, dzuhur, dan asar berjama’ah, pada aspek ahklah yaitu 3S yaitu: salam, senyum, sapa. Strategi pembiasaan pada aspek ibadah yaitu dengan kajian kitab kuning dan berkurban, pada aspek ahklak yaitu PHBI dan prilaku jujur serta tanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143315 NUR FAIZIN ZUHRI
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:12
Last Modified: 28 Apr 2021 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17838

Actions (login required)

View Item View Item