ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL BIOLOGI MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMPN 1 NGANTRU

JAGAD VALANTINO MUHAMMAD, 17208153022 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL BIOLOGI MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMPN 1 NGANTRU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Biologi Materi Pemanasan Global di SMPN 1 Ngantru” ini ditulis oleh Jagad Valantino Muhammad, NIM. 17208153022, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Kemampuan, berpikir kritis, pemanasan global Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa di zaman ini masih banyak dijumpai kurang diperhatikannya kemampuan berpikir kritis siswa dalam dunia pendidikan. Mengingat bahwasanya setiap anak didik memiliki kemampuan berpikir kritis dalam belajar, misalnya seperti kemampuan bertanya, hipotesis, klasifikasi, observasi, dan interpretasi. Akan tetapi, kemampuan ini sering kali tidak berkembang dengan baik, yang akhirnya mengakibatkan kemampuan berpikir siswa yang berbeda-beda, adanya tingkatan ini kaitanya erat dengan kemampuan berpikir mereka yang berbeda, salah satunya keterampilan berpikir kritis. Mengingat pada era globalisasi saat ini kemampuan berpikir kritis telah menjadi tuntutan zaman, maka tidak heran jika keterampilan berpikir kritis saat ini menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki setiap individu. Oleh karena itu,fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan memberikan penjelasan sederhana pada siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal biologi materi pemanasan global di SMPN 1 Ngantru? (2) bagaimana kemampuan memberikan penjelasan lanjut pada siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal biologi materi pemanasan global di SMPN 1 Ngantru? (3) Bagaimana kemampuan mengatur strategi dan taktik pada siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal biologi materi pemanasan global di SMPN 1 Ngantru? (4) Bagaimana kemampuan inferensi yang dimiliki siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal biologi materi pemanasan global di SMPN 1 Ngantru?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-J SMPN 1 Ngantru yang berjumlah 34 siswa. Prosedur pengumpulan data terdiri dari metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Kriteria tingkat kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan berpikir kritis sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, hingga sangat rendah. Dari hasil penelitian telah menunjukkan bahwa dari lima aspek yang diteliti, yaitu: (1) Kemampuan memberikan penjelasan sederhana, pada aspek ini siswa terbilang mampu menganalisis pertanyaan dan memfokuskan pertanyaan, akan tetapi masih ada juga yang tidak memfokuskan pertanyaan dalam mengerjakan soal yang telah diberikan. (2) Kemampuan memberikan penjelasan lanjut, pada aspek ini beberapa siswa mampu dalam mengidentifikasi asumsi, akan tetapi masih juga dijumpai ada beberapa siswa yang tidak mampu dalam merasionalisasikan jawaban yang telah diberikan. (3) Kemampuan mengatur strategi dan taktik, pada aspek ini beberapa siswa mampu dalam menetukan solusi dari permasalahan dalam soal serta mampu menuliskan jawaban atau solusi dari permasalahan dalam soal dengan tepat. Akan tetapi masih ada juga dijumpai siswa yang kurang mampu dalam menuliskan jawaban dengan tepat, selain itu dijumpai juga siswa yang kurang memahami konsep tentang pemanasan global. (4) Kemampuan inferensi, pada aspek ini ada beberapa siswa yang mampu dalam memberikan kesimpulan akan jawaban yang telah diberikan dan juga mampu memberikan alternatif jawaban lain dari jawaban yang telah diberikan. Akan tetapi banyak dijumpai siswa yang tidak mampu memberikan memberikan alternatif jawaban lain dari jawaban yang telah diberikan, dan banyak siswa yang kebingungan ketika diminta untuk memberikan kesimpulan akan jawaban yang telah diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mahasiswa 17208153022 Jagad Valantino Muhammad
Date Deposited: 21 Jan 2021 02:26
Last Modified: 27 Apr 2021 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17834

Actions (login required)

View Item View Item