ANALISIS BAGI HASIL BISNIS WARALABA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Alfamart: CV. Ahsanah Mulya Blitar)

BINTI MAIDATUS SHOLIHAH, 17402163502 (2020) ANALISIS BAGI HASIL BISNIS WARALABA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Alfamart: CV. Ahsanah Mulya Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Bagi Hasil Bisnis Waralaba Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Alfamart : CV. Ahsanah Mulya Blitar)” ini ditulis oleh Binti Maidatus Sholihah, NIM 17402163502, Pembimbing Dr. Muhamad Aswad, M.A. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pada era modern perkembangan dunia industri semakin pesat, beraneka ragam usaha di buka dengan leluasa seperti melakukan wirausaha khususnya dibidang waralaba (franchisee). Waralaba merupakan sebuah model bisnis telah terbukti berhasil dan banyak pengusaha menggunakan model bisnis tersebut saaat ini. waralaba masih dianggap suatu hal yang baru dalam masyarakat. meskipun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan para pengusaha untuk menekuninya karena waralaba lebih menguntungkan. salah satu ciri khas waralaba adalah adanya royalty, yaitu pembagian keuntungan antar franchisor dan franchisee dengan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. adapun dalam waralaba sistem pembagian keuntungan menggunakan sistem bagi hasil. Tujuan peneliti ini adalah (1) Mengetahui kerjasama waralaba dalam perspektif Islam yang diterapkan antara CV. Ahsanah Mulya dengan PT. Sumber Trijaya Alfaria (2) Mengetahui penerapan bagi hasil dalam perspektif Islam antara CV. Ahsanah Mulya dengan PT. Sumber Trijaya Alfaria. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data primer merupakan data yang diperoleh dari CV. Ahsanah Mulya dan PT. Sumber Alfari Trijaya, sedangkan data sekunder data dari buku-buku referensi yang akan melengkapi dokumentasi yang telah ada. metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) CV. Ahsanah Mulya dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya melakukan kerjasama terkait logo, merek dagang dan sistem yang ada didalamnya dengan jenis kerjsama atau syirkah jenis syirkah mudharabah. Syirkah mudharabah berarti kerjasama antara pemilik modal (shahibul maal) dengan pengelola (mudharib) untuk mengelola modal yang didapatkan dengan syarat bahwa hasil yang didapat akan dibagi hasil sesuai dengan kesepakatan. (2) Bagi hasil yang dilakukan dengan akad Mudharabah, dimana pihak pertama (pemilik modal) menginvestasikan modalnya 100% dan pihak lainnya bertindak sebagai pengelola usaha. Keuntungan dalam bagi hasil ini telah ditentukan pada awal yaitu membayar royalty fee apabila memenuhi target diatas Rp 150.000.000,- apabila belum memenuhi target maka tidak perlu membayar royalty fee kepada franchisor. hasil dari bagi hasil CV. Ahsanah Mulya membayar royalty fee sebesar 2% dan sisa keuntungan semua milik CV. Ahsanah Mulya. Kata Kunci: Bagi Hasil, Bisnis, Waralaba

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163502 BINTI MAIDATUS SHOLIHAH
Date Deposited: 20 Jan 2021 07:44
Last Modified: 04 Mar 2021 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17800

Actions (login required)

View Item View Item