Penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV MIN Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun ajaran 2013/2014

Santi, Amalia Nur (2014) Penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV MIN Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Amalia nur santi [3217103007].pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Penerapan Cooperative Learning, model Numbered Heads Together, Hasil Belajar,mata pelajaran IPS Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah guru merupakan unsure penting dalam pembelajaran. Guru harus mempunyai kompetensi yang berkualitas guna penciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenagkan bagi siswa. Tetapi guru dalam proses pembelajaran kurang kreatif dlam mendesain pembelajaran yang dilakukan sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penguasaan serta pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan guru lemah khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Karena selama ini siswa hanya diberi pembelajaran dengan metode yang monoton dan konvensional saja, sehingga berdampak dari hasil belajar siswa menurun.Menyikapi permasalahan tersebut perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model Numbered Heads Together sebagai salah satu model yang dapat menjadikan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa akan lebih efektif dan menyenagkan kaena siswa terlibat langsung dalam poses pembelajaran, sehingga diharapkan dengan adanya penerapan model Numbered Heads Together dalam mata pelajaran IPS mampu meningkatkan hasilbelajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsiini adalah 1) Bagaimana penerapan Cooperative Learning modelNumbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi “Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam” kelas IV MIN Pandansari Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan penerapan Cooperative Learning model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV MIN Pandansari Ngunut Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan penerapan Cooperative Learning modelNumbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil prestasi belajar IPS materi “Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam” kelas IV MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Penerapan Cooperative Learning modelNumbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala MIN Pandansari Ngunut Tulugagung sebagai bahan masukan untuk mengambil kebijaksanaan yang tepat dalam xix membentu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS sekaligus dapat meningkatkan mutu pendidikan. Bagi para guru MIN Pandansari Ngunut Tulungagung, agar mempunyai kreatifitas dalam proses belajar mengajar dan tidak hanya menggunakan metode yang konvensional saja dalam setiap proses pembelajaran dikelas. Bagi pembaca dapat dijadikan inormasi dalam memperdalam dan memperluas ilmupengetahuan dibidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Pandansari Ngunut Tulungagung pada mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam..Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) observasi (2) wawancara (3) tes (4) dokumentasi (5) angket (6) catatan lapangan.Model analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data (2) menyajikan data (3) penarikankesimpulan.Analisis yang digunakan peneliti adalah menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan siswa terhadap materi mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, yaitu dengan nilai KKM 70. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 60,83 dengan persentase ketuntasan 29,16% dan pada siklus II nilai rata-rata 86,25dengan persentase ketuntasan 91,66%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning model Numbered Heads Together (NHT) dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Pandansari Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 17 Nov 2014 02:15
Last Modified: 17 Nov 2014 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item