PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BENDA KONKRET TERHADAP PERILAKU NEGATIF DI DALAM KELAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI MIN 4 TULUNGAGUNG

DESY SAPUTRI, 17205163143 (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BENDA KONKRET TERHADAP PERILAKU NEGATIF DI DALAM KELAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Desy Saputri, 17205163143, Pengaruh Media Pembelajaran Benda Kongkrit terhadap Perilaku Negatif di dalam Kelas dan Hasil Belajar Siswa kelas II di MIN 4 Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Media Benda Kongkrit, Perilaku Negatif Peserta Didik di dalam Kelas, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik melakukan perilaku negative di dalam kelas dan hasil belajar peserta didik yang masih banyak yang rendah. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya media yang menunjang pembelajaran dalam pendekatan saintifik yang terdiri dari 5M yakni mengamati, menanya, mencoba,menalar, dan mengkomunikasikan, dimana dalam pembelajaran masih berpusat pada guru dan cenderung monoton dan kurang menarik bagi siswa. Berdasarkan latar belakang maalah dapat diidentifikasikan bahwa penelitian ini dilakukan karena adanya suatu masalah yakni: (1)Guru tidak menggunakan media pembelajaran saat mengajar (2) Kurang menariknya guru dalam melakukan sebuah pembelajaran di kelas khususnya dalam mata pelajaran tematik (3) Peserta didik banyak melakukan perilaku negative dalam pembelajaran (4)dan Hasil belajar peserta didik di bawah KKM saat ulangan harian. Salah satu cara untuk membuat siswa lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran tematik adalah dengan menggunakan media benda kongkrit. Melalui media benda kongkrit ini diharapkan siswa dapat lebih tertarik dan berminat dalam proses pembelajaran dan mencapai hasil belajar di atas rata-rata. Sesuai dengan latar belakang dan identifikasi masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh media pembelajaran benda kongkrit terhadap perilaku negatif siswa di dalam kelas II di MIN 4 Tulungagung, (2) Adakah pengaruh media pembelajaran benda kongkrit terhadap hasil belajar siswa kelas II di MIN 4 Tulungagung, (3) Adakah pengaruh media pembelajaran benda kongkrit terhadap perilaku negatif di dalam kelas dan hasil belajar siswa kelas II di MIN 4 Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MIN 4 Tulungagung dan sampel yang diambil adalah siswa kelas II-A dan II-B. Instrumen penelitian menggunakan observasi checklist dan test sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan N Gain Score dan Independent Sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh media pembelajaran benda benda kongkrit terhadap perilaku negative siswa di dalam kelas II MIN 4 Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji independentsample t test di peroleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,571 yang berarti 0,571 >0,05 sehingga H0 di terima dan Ha di tolak, (2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran benda kongkrit terhadap hasil belajar siswa kelas II MIN 4 Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji independent sample t test di peroleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,001 pada muatan SbdP, 0,001 pada muatan Bahasa Indonesia dan Matematika sebesar 0, 000, yang berarti 0,001< 0,05 , 000,1 < 0,05 dan 0, 000< 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, (3)Tidak ada pengaruh media pembelajaran benda benda kongkrit terhadap perilaku negative siswa di dalam kelas dan hasil belajar siswa kelas II MIN 4 Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji independent sample t test di peroleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,569, yang berarti 0,569>0,05sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh media pembelajaran benda kongkrit terhadap perilaku negatif siswa di dalam kelas II di MIN 4 Tulungagung, (2) Ada pengaruh media pembelajaran benda kongkrit terhadap hasil belajar siswa kelas II di MIN 4 Tulungagung, (3) Tidak ada pengaruh media pembelajaran benda kongkrit terhadap perilaku negative di dalam kelas dan hasil belajar siswa kelas II di MIN 4 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163143 DESY SAPUTRI
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:52
Last Modified: 27 Apr 2021 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17796

Actions (login required)

View Item View Item