HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

BINTI ZAKIATUL MUNADHIROH, 17205163058 (2020) HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Emotional Quotient Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Zakiatul Munadhiroh, NIM.17205163058, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Emotional Quotient, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa ada jenis kecerdasan lain selain kecerdasan intelektual yaitu Emotional Quotient yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah Emotional Quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri dan kemamapuan membina hubungan dengan prestasi belajar siswa kelas IV di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana hubungan Emotional Quotient terhadap prestasi belajar siswa? (2) Apakah terdapat hubungan Emotional Quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (3) Apakah terdapat hubungan Emotional Quotient berupa kemampuan membina hubungan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (4) Apakah terdapat hubungan Emotional Quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri dan kemampuan membina hubungan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Teknik pemngambilan sampel jenis Nonprobability Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosional, observasi dan juga dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Product momen dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Emotional quotient merupakan salah satu faktor penting yang seharusnya dimiliki oleh siswa yang memiliki kebutuhan untuk meraih prestasi belajar lebih baik di sekolah. Pada penelitian ini, terbukti bahwa Emotional quotient berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Semakin tinggi kemampuan siswa dalam mengenal emosi diri dan juga membina hubungan maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar yang dihasilkan. (2) Terdapat hubungan Emotional quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,416. (3) Terdapat hubungan Emotional quotient berupa kemampuan membina hubungan dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,505. (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Emotional quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri dan kemampuan membina hubungan dengan prestasi belajar siswa sebesar 9.026.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163058 BINTI ZAKIATUL MUNADHIROH
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:45
Last Modified: 26 Apr 2021 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17792

Actions (login required)

View Item View Item