KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SULIS TIA HANDAYANI, 17205163305 (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Pedagogik guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Sulis Tia Handayani, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, NIM: 17205163305 tahun 2020 dibimbing oleh Ibu Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci : kompetensi pedagogik guru dan kesulitan belajar Penelitian dalam skripsi dilatar belakangi oleh adanya fenomena kurangnya pengetahuan mengenai kompetensi pedagogik guru.Oleh karena itu perlu adanya usaha untuk menggali berbagai ilmu yang berkaitan dengan kompetensi guru.Kemudian yang melatar belakangi penelitian ini selanjutnya karena guru atau seorang pendidik itu sendiri merupakan unsur manusiawi dalam pendidikan.Disini guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan.Dan seorang guru yang dikatakan sebagai guru yang profesional adalah guru yang menguasi empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. Kemudian yang melatar belakangi penelitian ini yang terahir karena kompetensi pedagogik guru merupakan salah satu dasar kemampuan mengajar seorang guru yang ditunjukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, disini ada beberapa unsur mengenai kompetensi pedagogik guru yaitu dapat menguasai karakteristik peserta didik, dapat mengembangkan kurikulum, dalam kegiatan pembelajarannya harus mendidik, dapat menguasai materi belajar yang mendidik, dan dapat mengembangkan potensi setiap peserta didik.Dalam hal ini penulis menggali data terkait tingkat kompetensi pedagogik guru yang ada di MI Roudlotut Tholibin Rejotngan Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kemampuan pedagogik guru kelas 2 dalam menguasai karakteristik peserta didik guna mengatasi kesulitan belajar berhitung peserta didikdi MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung?., 2) Bagaimana kemampuan pedagogik guru kelas 2 dalam mengembangkan kurikulum pembelajaran guna mengatasi kesulitan belajar membaca peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotngan Tulungagung?., 3) Bagaimana kemampuan pedagogik guru kelas 2 dalam pengembangkan potensi peserta didik guna mengatasi kesulitan belajar menulis di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana kemampuan pedagogik guru dalam menguasai karakteristik peserta didik guna mengatasi kesulitan belajar berhitung. 2) untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam dalam mengembangkan kurikulum guna mengatasi kesulitan belajar membaca peserta didik. 3) untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan potensi peserta didik guna mengatasi kesulitan belajar menulis Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif .Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan tringulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: bahwa kemampuan pedagogik guru dalam pemahaman terhadap karakteristik peserta didik itu sangatlah penting, Dengan seorang guru dapat memahami karakteristik peserta didiknya dengan baik akan memberi gambaran bagi para guru bagaimana merancang pembelajaran dikelas yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, memberi gambaran bagaimana seorang guru melaksankan pembelajaran yang sesuai dengan karekteristik peserta didiknya. Dan dalam pemahaman karakteristik peserta didik ini merupakan salah satu aspek dalam keberhasilan suatu pembelajaran dikelas seorang guru bukan hanya dapat memahami karakteristik peserta didik, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan kurikulum pembelajaran karena antara pembelajaran dengan kurikulum adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai suatu rancangan atau program kurikulum tidak akan berguna manakalah tidak di implementasikan kedalam suatu pembelajaran dan sebaliknnya suatu pembelelajaran apabila tidak ada kurikulum yang jelas yng digunakan sebagai acuhan tidak akan berjalan efektif. Kurikulum juga harus terus menerus di kembangkan agar isi dari kurikulum selalu relevan sesuai dengan tuntutan masyarakat. Dengam seorang guru dapat mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan masyarakat, sesuai dengan karakteristik pesertanya guru itu akan dapat mengatasi permasalahan kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didiknya. Menganai pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik guru memiliki peran yang penting dalam kemajuan peserta didik, baik itu kemajuan dalam bidang pelajaran maupun kemajuan dalam bidang karakter ataupun kecerdasan emosionalnya. Di madrasah ini usaha yang dilakukan guru dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didiknya adalah dengan mewajibkannya peserta didik mengikuti ekstrakulikuler yang ada di madrasah. Ekstrakulikulernya diantaranya seperti menggambar, kaligrafi, tahfid,qiro’ah, bola volli dll.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163305 SULIS TIA HANDAYANI
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 29 Apr 2021 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17781

Actions (login required)

View Item View Item