KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATKA SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR GEOMETRI TEORI VAN HIELE DI SMP NEGERI 2 DURENAN TRENGGALEK

FAISAL GHOZALI, 17204163299 (2020) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATKA SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR GEOMETRI TEORI VAN HIELE DI SMP NEGERI 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Level Berpikir Geometri Teori Van Hiele di SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Faisal Ghozali, NIM. 17204163299, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Teorema Pythagoras, Teori Van Hiele Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah aktivitas siswa dalam memecahkan masalah yang masih belum berjalan dengan baik. Ketika siswa mendapatkan soal matematika, siswa cenderung langsung mencari jawabannya tanpa mencoba memahami soal dengan baik, merencanakan bagaimana langkah untuk menyelesaikannya, dan mengecek kembali langkah yang digunakan. Hal ini mengakibatkan siswa kebingungan ketika menjawab soal yang sedikit berbeda. Oleh karena itu penting bagi siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sebagai faktor penting yang menentukan penguasaan siswa terhadap konsep-konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1 ) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan level berpikir geometri tingkat deduksi informal pada materi teorema pythagoras, (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan level berpikir geometri tingkat analisis pada materi teorema pythagoras, (3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan level berpikir geometri tingkat visualisasi pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 siswa dari kelas VIII-D SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek, yaitu 1 siswa dengan level berpikir geometri tingkat deduksi informal, 2 siswa dengan level berpikir geometri tingkat analisis, dan 2 dengan siswa level berpikir geometri tingkat visualisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes VHGT untuk mengetahui level berpikir geometri, tes tertulis untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema pythagoras, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 ) kemampuan pemecahan masalah matematika subjek dengan level geometri deduksi informal berada pada tingkat 4 yaitu memenuhi indikator memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika subjek dengan level geometri analisis berada pada tingkat 3 yaitu memenuhi indikator memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian, (3) kemampuan pemecahan masalah matematika subjek dengan level geometri visualisasi berada pada tingkat 2 yaitu memenuhi indikator memahami masalah. .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163299 FAISAL GHOZALI
Date Deposited: 20 Jan 2021 08:21
Last Modified: 27 Apr 2021 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17756

Actions (login required)

View Item View Item