IMPLEMENTASI PENIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

MONILLA RAMA DHANISA, 17205163298 (2020) IMPLEMENTASI PENIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung,” yang ditulis oleh Monilla Rama Dhanisa, 17205163298, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dengan dibimbing oleh Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik. Pendidikan mengalami perkembangan ditengah ancaman berbagai dampak buruk dari kemajuan teknologi dan karakter peserta didik. Pendidikan karakter menjadi hal yang utama dalam pembelajaan di sekolah, sehingga diharapkan siswa memiliki potensi yang unggul dan berkarakter. Pentingnya pendidikan karakter di MI Plus Al Istighotsah menarik peneliti untuk mendalami tentang implementasi Pendidikan karakter tersebut. Peneliti juga ingin mengetahui tentang nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran di kelas V MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di Kelas V MI Plus Al Istighotsah Tulungagung?, (2) Bagaimana nilai-nilai karakter pada pembelajaran tematik di Kelas V MI Plus Al Istighotsah Tulungagung?, (3) Bagaimana kelemahan dan kelebihan pembelajaran tematik di Kelas V MI Plus Al Istighotsah Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu peneliti melakukan tahapan penelitian dengan proses apa adanya sesuai data yang ada di lokasi penelitian. Mulai dari tahapan pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, pengolahan data hingga penyajian data. Hasil penelitian akan beebentuk narasi deskriptif yang menggambarkan kondisi sebenarnya di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di MI Plus Al Istighotsah, menggunakan dua kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah dan kurikulum yang ditetapkan oleh kebijakan sekolah. Tahapan dalam implementasi pendidikan karakter yaitu a) Perencanaan kegiatan pembelajaran, b) Menetapkan kurikulum, c) Penyediaan sarana dan prasarana belajar, dan d) Aktivitas belajar. (2) Beberapa nilai karakter menjadi target dari kegiatan pembelajaran yang diterapkan di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung, yaitu karakter toleran, tanggungjawab, disiplin, dan cinta tanah air, sebagaimana yang dituangkan dalam kurikulum pendidikan. (3) Kelemahan dari pembelajaran tematik tertuang pada penilaiannya, karena pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh (komprehensif), yaitu menetapkan keberhasilan belajar peserta didik dari beberapa bidang kajian. Kelebihan dari pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang menyenangkan karena terdapat minat dan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163298 MONILLA RAMA DHANISA
Date Deposited: 19 Jan 2021 01:22
Last Modified: 28 Apr 2021 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17737

Actions (login required)

View Item View Item