PENGARUH PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) BERBANTUAN MEDIA EDUTAINMENT (ADOBE FLASH) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI DI MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

DHONNY PRASETYA KUSUMAJATI, 17204163308 (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) BERBANTUAN MEDIA EDUTAINMENT (ADOBE FLASH) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI DI MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) berbantuan media edutainment (Adobe Flash) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI di MAN 3 Tulungagung tahun ajaran 2019/2020” yang ditulis oleh Dhonny Prasetya Kusumajati dengan pembimbing bapak Miswanto, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik terhadap pembelajaran matematika, serta mengubah asumsi-asumsi dasar dari peserta didik. Selain itu, Penelitian ini dibuat atas dasar memberikan inovasi baru kepada pendidik akan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Adanya pembelajaran ARCS diharapkan mampu mengubah asumsi-asumsi tersebut. Disisi lain, pembelajaran ARCS memiliki empat komponen dasar yang tergabung dalam ARCS. Empat komponen dasar tersebut adalah Attention (perhatian), Relevance (hubungan), Confidence (percaya diri), Satisfaction (kepuasan). Selain itu, perkembangan IPTEK yang cukup pesat memungkinkan adanya hubungan antara pembelajaran matematika dengan teknologi. Adapun bentuk hubungan dalam penelitian ini berupa pembelajaran yang berkolaborasi dengan pendidikan dan hiburan dalam suatu pola khusus, serta sering disebut dengan edutainment. Dalam hal ini, edutainment digunakan untuk menunjang terbentuknya pembelajaran ARCS yang menarik, serta menyenangkan. Penelitian ini memiliki rumusan masalah berupa mengetahui ada dan besarnya pengaruh pembelajaran ARCS berbantuan media edutainment terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menambah motivasi berlajar peserta didik terhadap pelajaran matematika. Adapun metode penelitian yang diguakan adalah purposive sampling dalam pengambilan sampel, serta sampel yang digunakan akan dibentuk kedalam dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum penelitian dilakukan, peneliti mencari informasi dari kedua kelas untuk mencari homogenitas keduanya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunaikan berupa tes (posttest), dan angket. Selanjutnya, peneliti memberikan perlakuan kepada kelas eksperimen dan kontrol, yakni berupa pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dan pembelajaran ARCS pada kelas eksperimen. Setelah dilakukan perlakuan pada kelas tersebut, diperoleh nilai posttest dari kedua kelas tersebut, serta data angket untuk kelas eksperimen. Dalam hal ini, dilakukan uji hipotesis pada nilai posttest untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran ARCS berbantuan media edutainment terhadap hasil belajar peserta didik. Uji hipotesisi yang digunakan berupa uji-t (2-tailed independent sample t-test). Uji hipotesisi yang dilakukan memperoleh hasil berupa t_hitung=22,67 dan t_tabel=2,021 dalam cara manual, serta diperoleh pula .sig=0,000 dalam SPSS 16.0 dengan taraf signifikan (α=0,05). Dengan kata lain, diperoleh t_hitung≥t_tabel dan .sig <α, atau tolak H_0 dan terima H_1. Selain itu, penentuan effect size atau besar pengaruh diperoleh bahwa besarnya pengaruh pembelajaran ARCS berbantuan media edutainment adalah 92%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran ARCS berbantuan media edutainment terhadap hasil belajar siswa, dengan besar pengaruh 92%. Kata Kunci : pembelajaran ARCS, media edutainment, hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163308 DHONNY PRASETYA KUSUMAJATI
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:14
Last Modified: 27 Apr 2021 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17727

Actions (login required)

View Item View Item