PERAN BADAN USAHA MILIK DESA BERSAMA (BUMDESMA) TERHADAP PENINGKATAN MASYARAKAT USAHA EKONOMI MIKRO DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (Studi kasus pada BUMDESMA Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungangung)

DALILLA ISTIFADAH, 17402163343 (2020) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA BERSAMA (BUMDESMA) TERHADAP PENINGKATAN MASYARAKAT USAHA EKONOMI MIKRO DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (Studi kasus pada BUMDESMA Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungangung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Terhadap Peningkatan Masyarakat Usaha Ekonomi Mikro dalam Implementasi Program Simpan Pinjam Perempuan”. (Dalam studi kasus pada BUMDesma Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung) ini ditulis oleh Dalilla Istifadah, NIM 17402163343, Pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I Penelitian ini di latar belakangi oleh Pentingnya program dari BUMDesma Besuki bagi masyarakat perempuan karena di dalam Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Besuki Tulungagung terdapat adanya unit usaha Simpan Pinjam Perempuan sehingga dapat membantu menambah modal para pelaku usaha, serta memberikan pendapatan masyarakat setempat. Tetapi kenyataannya pada fenomena yang terjadi yaitu masih terdapat kendala seperti halnya dari segi ketertarikan masyarakat, kesadaran masyarakat, dan dalam menentukan sikap masyarakat. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah (1) Pengelolaan BUMDesma Besuki dalam peningkatan Usaha Ekonomi Masyarakat? (2) Peran BUMDesma Besuki dalam implementasi melalui Simpan Pinjam Perempuan? (3) ketentuan mekanisme dari Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan? (SPP)? (4) faktor penghambat internal dan external dapat menghambat perjalananya BUMDesma Besuki dalam implementasi program SPP? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, dari sumberdata dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer dan data skunder. Metode yang digunakan dari pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Tahap selanjudnya menganalisis data menggunakan teori Milles and Huberman yaitu dengan cara redukasi data, penyajian data, kesimpulan. Berdasarkan hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa Pertama pengelolaan BUMDesma bersifat koperatif yaitu semua komponen yang terlibat didalam BUMDesma harus mampu melakukan kerja sama yang baik demi pengembangan dan kelangsungan hidup usahanya. Kedua Peran BUMDesma Besuki meliputi : a) memberi motivasi kepada masyarakat khusus perempuan agar tergerak hatinya untuk mengembangkan potensi, b) pendamingan pelatihan kepada anggota SPP. Ketiga untuk ketentuan mekanisme dari kegiatan Simpan Pinjam Perempuan yaitu a) pengajuan proposal, b) proses verifikasi, c) rapat pendanaan, d) pencairan dana. Keempat program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) tentunya masih adanya faktor penghambat internal dan eksternal yaitu kendala internal (kurang tenaga kerja, minimnya peralatan kerja, kator yang sempit) dan kendala eksternal (kurang kesadaran masyarakat dengan adanya program Simpan Pinjam di BUMDesma Besuki, terjadi kolekbilitas atau pengembalian dana pinjaman). Kata Kunci: Peran BUMDesma, Peningkatan usaha mikro, Simpan Pinjam Perempuan (SPP).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163343 DALILLA ISTIFADAH
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:08
Last Modified: 27 Apr 2021 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17701

Actions (login required)

View Item View Item