PENGARUH BERPIKIR REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X DI SMAN 1 DURENAN

NIKITA AYU WULANDARI, 17204163034 (2020) PENGARUH BERPIKIR REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X DI SMAN 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Berpikir Reflektif Terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X di SMAN 1 Durenan” ini ditulis oleh Nikita Ayu Wulandari, NIM. 17204163034, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Berpikir Reflektif, Kemampuan Koneksi, dan Pemecahan Masalah Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa cara berpikir siswa tentang materi trigonometri dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam mengikuti dan menyelesaikan masalah. Dalam hal ini peneliti mengambil pengaruh masalah berpikir reflektif terhadap kemampuan koneksi dan pemecahan masalah materi Trigonometri di SMAN 1 Durenan. Berpikir reflektif sendiri adalah mengaitkan permasalahan dengan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya dan mempertimbangkan dengan seksama dalam menyelesaikan permasalahnnya. Koneksi matematis merupakan kemampuan siswa dalam menghubungkan matematika dengan konsep matematika sendiri, dengan bidang lain, dan dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan pemecahan masalah adalah kegiatan menyelesaikan suatu persoalan dengan sungguh-sungguh dengan cara yang diyakini berdasarkan pengetahuan yang diperolehnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh berpikir reflektif terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi Trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Durenan, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh berpikir reflektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Durenan, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh berpikir reflektif terhadap kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis pada materi Trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Durenan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian asosiatif, sampelnya adalah siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Durenan yang berjumlah 35 siswa, metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan analisis statistik dengan Uji t-test dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan berpikir reflektif terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi Trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Durenan, 2) Ada pengaruh yang signifikan berpikir reflektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Durenan, dan 3) Ada pengaruh yang signifikan berpikir reflektif terhadap kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis pada materi Trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Durenan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163034 NIKITA AYU WULANDARI
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:35
Last Modified: 28 Apr 2021 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17686

Actions (login required)

View Item View Item