PRAKTIK PEMBERIAN UANG KEMBALIAN DENGAN BARANG DITINJAU DARI UU NO. 7 TAHUN 2011 TENTANG MATA UANG DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri)

EFA DAFELA, 17101163076 (2020) PRAKTIK PEMBERIAN UANG KEMBALIAN DENGAN BARANG DITINJAU DARI UU NO. 7 TAHUN 2011 TENTANG MATA UANG DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK Efa Dafela, Nim. 17101163076, Praktik Pemberian Uang Kembalian dengan Barang ditinjau dari Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dan Etika Bisnis Islam, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung 2020, Pembimbing Dr. H. M. Darin Arif Mu’allifin, S.H., M.Hum. Kata kunci: Jual beli, kesepakatan, uang kembalian, mata uang, etika bisnis Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya praktik pemberian uang kembalian dengan barang di Kecamatan Ringinrejo. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini keberadaan uang koin memang sudah mulai langka sehingga membuat para pelaku usaha lebih memilih mengganti sisa uang kembalian belanja pembeli dengan barang daripada harus menukarkan uang koin ke bank. Dengan banyaknya praktik tersebut masyarakat menjadi terbiasa dan memaklumi jika uang kembalian diganti dengan barang, namun tidak sedikit juga masyarakat yang merasa keberatan dengan hal itu, apalagi jika penggantian tersebut tidak berdasarkan kesepakatan bersama antar kedua pihak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik pemberian uang kembalian dengan barang di Kecamatan Ringinrejo?; 2) Bagaimana tinjauan Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang terhadap praktik pemberian uang kembalian dengan barang di Kecamatan Ringinrejo kabupaten Kediri?; 3) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktik pemberian uang kembalian dengan barang di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan jenis penelietian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) praktik pemberian uang kembalian dengan barang di Kecamatan Ringinrejo banyak dilakukan, mulai dari toko kelontong sampai swalayan yang cukup besar. 2) Tinjauan Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dijelaskan bahwa yang seharusnya digunakan sebagai alat pembayaran yang sah adalah rupiah. Jadi barang bukan merupakan pembayaran yang sah. 3) Praktik pemberian uang kembalian dengan barang menurut etika bisnis Islam, belum dapat diimplementasikan secara optimal karena belum sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam terutama pada hal: keseimbangan (keadilan), pertanggung jawaban, dan kebenaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163076 EFA DAFELA
Date Deposited: 18 Jan 2021 06:48
Last Modified: 15 Apr 2021 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17648

Actions (login required)

View Item View Item