METODE GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BER-SHODAQOH PESERTA DIDIK DI SMK SORE TULUNGAGUNG

WHILDAN HADI, 17201163277 (2020) METODE GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BER-SHODAQOH PESERTA DIDIK DI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Metode Guru PAI Dalam Meningkatkan Kesadaran Ber-shodaqoh Peserta Didik di SMK Sore Tulungagung” ditulis oleh Whildan Hadi, NIM. 17201163277, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci: Metode guru PAI, Kesadaran ber-shodaqoh Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kurangnya kesadaran ber-shodaqoh dari peserta didik, padahal ber-shodaqoh sendiri mempunyai manfaat yang baik dalam pembentukan karakter peserta didik yang berakhlakul karimah, selain itu juga dapat membantu orang-orang yang membutuhkan. Sehingga diharapkan metode guru PAI dalam meningkatkan kesadaran ber-shodaqoh ini dapat membantu peserta didik di SMK Sore Tulungagung untuk lebih gemar dalam ber-shodaqoh. Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana proses penanaman nilai-nilai shodaqoh guru PAI dalam meningkatkan kesadaran ber-shodaqoh peserta didik di SMK Sore Tulungagung? (2) Bagaimana langkah-langkah guru PAI dalam meningkatkan kesadaran ber-shodaqoh peserta didik di SMK Sore Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan guru PAI dalam meningkatkan kesadaran ber-shodaqoh bagi peserta didik di SMK Sore Tulungagung? Penelitian ini dilakukan di SMK Sore Tulungagung menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan triangulasi data, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Proses penanaman nilai-nilai shodaqoh guru PAI dalam meningkatkan kesadaran ber-shodaqoh peserta didik di SMK Sore Tulungagung dilakukan dengan cara guru PAI selalu membiasakan diadakan kegiatan-kegiatan yang ada unsur shodaqoh-nya, guru PAI melakukan penanaman nilai-nilai shodaqoh saat pembelajaran di kelas yang mendorong siswa untuk berfikir aktif dan mandiri di dalam kelas, melalui budaya-budaya yang ada disekolah. (2) Langkah-langkah guru PAI dalam meningkatkan kesadaran ber-shodaqoh peserta didik di SMK Sore Tulungagung dilakukan dengan cara pihak sekolah melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa merangsang peserta didik agar bisa diaplikasikan dikehidupan sehari-hari, pihak sekolah selalu rutin melakukan kegiatan yang berupa shodaqoh yaitu infaq, zakat, qurban dan bantuan kepada kerabat yang meninggal, guru PAI dan OSIS selalu mengkordinir juga membantu kegiatan-kegiatan keagamaan. (3) Hambatan guru PAI dalam meningkatkan kesadaran ber-shodaqoh peserta didik di SMK Sore Tulungagung yaitu kepribadian peserta didik sendiri yang memiliki sifat bandel, sulit diatur serta kurangnya motivasi dan minat belajar, latar belakang siswa yang keluarganya memiliki karakter agama yang kurang baik, peserta didik kurang kesadaran akan pentingya ber-shodaqoh karena lebih mementingkan gaya kehidupan yang modern atau budaya globalisasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163277 Whildan Hadi
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:52
Last Modified: 03 May 2021 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17626

Actions (login required)

View Item View Item