KONSELING KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KEJUJURAN PARA MURID-MURID TPQ AL-HIDAYAH KOTA BLITAR

TIARA BAIDURI BULAN, 17306163100 (2020) KONSELING KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KEJUJURAN PARA MURID-MURID TPQ AL-HIDAYAH KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak Tiara Baiduri Bulan, NIM 17306163100, Konseling Kelompok Berbasis NilaiNilai Islami Untuk Meningkatkan Kejujuran Para Murid-Murid TPQ Al-Hidayah Kota Blitar. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Progam Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd Kata Kunci: konseling Kelompok, Nilai-Nilai Islami, Kejujuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok berbasis nilai-nilai islami untuk meningkatkan kejujuran murid-murid TPQ AlHidayah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design pretest posttest one group design. Populasi pada penelitian ini sejumlah 35 murid TPQ Al-Hidayah yang berusia antara 11-14 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling sehingga ditemukan 12 orang murid yang memiliki tingkat kejujuran rendah, dengan pembagian 6 murid sebagai kelompok eksperimen dan 6 murid sebagai kelompok kontrol. Pengukuran tingkat kejujuran menggunakan uji Independent Sampel T Test, hasil yang di peroleh yaitu nilai t viii hitung sebesar 25,849 > t tabel sebesar 2.228 dengan sig.2 tailed sebesar 0,00 < 0,05, serta diketahui bahwa nilai mean kelompok eksperimen sebesar 102.83, sementara pada kelompok kontrol diketahui nilai mean sebesar 54.67, sehingga terdapat perbedaan tingkat kejujuran antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun dari hasil perhitungan menggunakan uji N-Gain Score diketahui bahwa nilai N-Gain Score untuk kelompok eksperimen 105,3944% > 76% termasuk dalam kategori efektif. Sementara untuk rata-rata NGain Score untuk kelas kontrol adalah sebesar 5,0768% < 30% termasuk dalam katergori kurang efektif. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen yang di berikan intervensi lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak diberikan intervensi. Sehingga dapat di katakan bahwa layanan konseling kelompok berbasis nilai-nilai islami efektif untuk meningkatkan kejujuran para murid-murid TPQ Al-Hidayah kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306163100 Tiara Baiduri Bulan
Date Deposited: 13 Jan 2021 07:30
Last Modified: 26 Mar 2021 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17617

Actions (login required)

View Item View Item