ANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL PADA PUISI KARYA SISWA KELAS X SMK HIDAYATUL MUBTADIIN BLITAR

NUR SYAMSI RAFSANJANI ALMAKALI, 17210163071 (2020) ANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL PADA PUISI KARYA SISWA KELAS X SMK HIDAYATUL MUBTADIIN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Unsur Pembangun Puisi dengan Pendekatan Struktural pada Puisi Karya Siswa Kelas X SMK Hidayatul Mubtadiin Blitar” ini ditulis oleh Nur Syamsi Rafsanjani Almakali, NIM. 17210163071, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci : Analisis, Unsur Pembangun Puisi, Pembelajaran, Menulis Puisi Secara umum, sastra dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu prosa, puisi, dan drama. Puisi adalah karya sastra yang menggambarkan pikiran dan perasaan seorang pengarang terhadap pengalaman hidupnya dengan menggunakan kata-kata yang padat dan indah yang mengandung nilai seni. Salah satu keterampilan menulis adalah menulis puisi. Menulis puisi termasuk salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa karena terdapat dalam kurikulum 2013, yaitu menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Hal tersebut berdasarkan Kompetensi Dasar 3.17 di kelas X. Adapun lokasi penelitian ini di SMK Hidayatul Mubtadiin Blitar. Unsur pembangun puisi ini menjadi fokus penelitian skripsi ini dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan diksi yang digunakan oleh siswa kelas X dalam pembelajaran menulis puisi di SMK Hidayatul Mubtadiin Blitar, (2) untuk mendeskripsikan rima yang digunakan oleh siswa kelas X dalam pembelajaran menulis puisi di SMK Hidayatul Mubtadiin Blitar, dan (3) untuk mendeskripsikan tipografi yang digunakan oleh siswa kelas X dalam pembelajaran menulis puisi di SMK Hidayatul Mubtadiin Blitar. Skripsi ini menggunakan jenis kualitatif yang menekankan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan cara mengelola, menyajikan, dan menyimpulkan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas. Uji kredibilitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan diksi ditemukan dalam 19 puisi karya siswa, (2) penggunaan rima ditemukan dalam 19 puisi karya siswa yang terdiri dari 9 rima patah, 2 rima terus, 2 rima pasang, 1 rima tak sempurna, 1 rima silang, 1 rima lurus, dan 1 rima peluk serta ada 4 puisi yang tidak menggunakan rima, dan (3) penggunaan tipografi dalam 19 puisi karya siswa menggunakan rata kiri dalam penulisannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163071 Nur Syamsi Rafsanjani Almakali
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:42
Last Modified: 11 Jan 2021 02:42
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17591

Actions (login required)

View Item View Item