PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA DI DUSUN SEMANDING DESA TEMPURAN KECAMATAN NGLUYU NGANJUK

AYU INTAN DELIMA, 17306163018 (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA DI DUSUN SEMANDING DESA TEMPURAN KECAMATAN NGLUYU NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Remaja di Dusun Semanding Desa Tempuran Kecamatan Ngluyu Nganjuk” ditulis oleh Ayu Intan Delima, NIM 17306163018 Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah, Pembimbing Citra Ayu Kumala Sari, M.Psi. Kata kunci: Bimbingan kelompok, diskusi, interaksi sosial Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fakta lapangan yang menunjukkan bahwa para remaja memiliki kemampuan interaksi sosial yang rendah. Permasalahn ini membuat mereka kurang optimal dalam melakukan interaksi dengan orang lain baik orang tua, maupun teman sebaya. Secara jelas dapat kita lihat, para remaja yang memiliki kemampuan interaksi sosial yang rendah mereka akan cenderung menunjukkan sikap suka menyendiri, acuh ketika bertemu orang lain, mempunyai sikap malu berpendapat maupun bertanya kepada orang lain. Sikap-sikap inilah yang akan menghambat mereka dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial para remaja sebelum diberikan perlakuan, dan untuk mengetahui interaksi sosial remaja setelah diberikan perlakuan. Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif ekperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Desain ini adalah desain yang terdiri dari dua kelompok yang berbeda yaitu kelompok kontrol dan kelompok ekperimen. Kelompok ekperimen disini mendapatkan perlakuan berupa bimbingan kelompok teknik diskusi sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Subyek pada penelitian ini berjumlah 10 orang. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik pusposive sampling. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket interaksi sosial. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji independent sampel t test. Pengujian hipotesis ini dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 20. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan interaksi sosial pada remaja. Hasil ini telah menjawab hipotesis yang telah dibuat sebelumnya. Hipotesisnya adalah Ha: terdapat peningkatan kemampuan interaksi sosial pada remaja setelah diberikan layanan bimbingan kelopok teknik diskusi. Hasil ini dapat dibuktikan dari hasil SPSS yang menunjukkan bahwa nilai hipotesis sebesar 0,001<0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, diartikan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan interaksi sosial para remaja di dusun Semanding.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163018 AYU INTAN DELIMA
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:42
Last Modified: 26 Mar 2021 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17580

Actions (login required)

View Item View Item