KONSELING QURANI UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN MENTAL SISWA KELAS X SMKN 2 TULUNGAGUNG MENGHADAPI UJIAN KENAIKAN KELAS

MOHAMMAD BAEDOWI, 17306163089 (2020) KONSELING QURANI UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN MENTAL SISWA KELAS X SMKN 2 TULUNGAGUNG MENGHADAPI UJIAN KENAIKAN KELAS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (498kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)

Abstract

Abstrak Mohammad Baedowi, NIM 17306163089, Konseling Qurani Untuk Meningkatkan Kesiapan Mental Siswa Kelas X SMKN 2 Tulungagung Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Progam Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: konseling Qur’ani, kesiapan mental, ujian kenaikan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Konseling Qur’ani terhadap peningkatan kesiapan mental siswa kelas X menghadapi Ujian Kenaikan Kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design pretest posttest one group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 orang siswa yang memiliki tingkat kesiapan mental rendah, dengan pembagian 6 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengukuran tingkat kesiapan mental menggunakan uji Independent Sampel T Test, hasil yang di peroleh yaitu nilai thitung sebesar 3.0624 > ttabel sebesar 2.2281 dengan sig.2 tailed sebesar 0,00 < 0,05, serta diketahui bahwa nilai mean kelompok eksperimen sebesar 123.50, sementara pada kelompok kontrol diketahui nilai mean sebesar 83.83, sehingga terdapat perbedaan tingkat kesiapan mental antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun dari hasil perhitungan menggunakan uji N-Gain Score diketahui bahwa nilai N-Gain Score untuk kelompok eksperimen 165,86% > 76% termasuk dalam kategori efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol adalah sebesar 49,80% < 56% termasuk dalam katergori kurang efektif. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen yang di berikan intervensi lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak diberikan intervensi. Sehingga dapat di katakan bahwa layanan konseling Qur’ani efektif untuk meningkatkan kesiapan mental siswa kelas X menghadapi ujian kenaikan kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163089 mohammad baedowi
Date Deposited: 05 Jan 2021 06:36
Last Modified: 05 Jan 2021 06:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item View Item