HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KONFORMITAS TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA REMAJA KELAS X SMAN I DURENAN

ADERA WAZINU BILQISTI, 17306163003 (2020) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KONFORMITAS TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA REMAJA KELAS X SMAN I DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Adera Wazinu Bilqisti. NIM 17306163003. Hubungan Kepercayaan Diri dan Konformitas Terhadap Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Remaja Kelas X SMAN I Durenan. Skripsi, Bimbinngan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Konformitas, Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ditemui peneliti ketika melakukan obsevasi dan wawancara di SMAN I Durenan. Fenomena tersebut adalah mayoritas siswa kurang percaya diri dalam memperlihatkan dan menujukkan perilakunya dalam menggunakan instagram ketika sedang mengunggah foto. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan hipotesis yang berbunyi ada hubungan kepercayaan diri dan konformitas terhadap intensitas penggunaan instagram pada remaja kelas X SMAN I Durenan. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini : (1) bagaimana hubungan kepercayaan diri terhadap intensitas penggunaan media sosial instagram pada remaja kelas X SMAN I Durenan. (2) bagaimana hubungan konformitas terhadap intensitas penggunan media sosial instagram pada remaja kelas X SMAN I Durenan. (3) bagaimana hubungan kepercayaan diri dan konformitas terhadap intensitas penggunaan media sosial instagram pada remaja kelas X SMAN 1 Durenan. Adapaun tujuan dari penelitian ini ada tiga tujuan : (1) Mengetahui hubungan kepercayaan diri terhadap intensitas penggunaan media sosial Instagram pada remaja pada kelas X SMAN I Durenan. (2) Mengetahui hubungan konformitas terhadap intensitas penggunaan media sosial Instagram pada remaja kelas X SMAN I Durenan. (3) Mengetahui hubungan kepercayaan diri dan konformitas terhadap intensitas penggunaan media sosial Instagram pada remaja kelas X SMAN I Durenan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga angket dengan skala Linkert sebagai skala pengukurannya, yakni angket Kepercayaan diri, Konformitas, dan Intensitas. Angket Kepercayaan Diri disusun berdasarkan teori Lauster, Konformitas disusun berdasarkan teori Taylor, dkk, sedangkan angket Intensitas terhadap media sosial instagram disusun berdasarkan Ajzen. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebagian siswa siswi kelas X SMAN I Durenan yang berjumlah 70 orang. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik correlation pearson product moment dengan sebelumya melalui uji prasarat analisis berupa uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan uji normalitas didapatkan hasil bahwa ketiga variabel berdistribusi normal, dengan masing-masing variabel memiliki nilai signifikan 0,868 ( p > 0,05) untuk variabel kepercayaan diri, 0,944 ( p > 0,05) untuk variabel konformitas dan 0,728 ( p > 0,05) untuk variabel intensitas. Hasil uji linieritas didapatkan nilai signifikasi pada Linierity sebesar 0,000 ( p < 0,05), sehingga hubungan ketiga variabel bersifat linier. Hasil uji hubungan menunjukkan terdapat hubungan kepercayaan diri dan konformitas terhadap intensitas penggunaan media sosial instagram pada remaja kelas X SMAN I Durenan dengan nilai koefisien korelasi variabel kepercayaan diri terhadap intensitas penggunaan media sosial instagram memiliki hubungan yang signifikan (tolak H0), hal ini dapat diketahui dari hasil p value senilai 0.759, dimana nilai p-value yang di dapatkan lebih besar dari nilai ∝ (0.05). Untuk variabel konformitas terhadap intensitas penggunaan media sosial instagram, diketahui bahwa variabel konformitas tidak memiliki hubungan dengan variabel intensitas (terima H0), hal ini diketahui dari nilai p-value yang telah didapatkan sebesar 0.278, dimana nilai p-value ini lebih besar dari nilai ∝ (0.05). Derajat hubungan/korelasi kedua variabel berkategori sedang dan hubungannya bersifat positif. Data dianalasis menggunakan bantuan program Statistical Product Service Solution (SPSS) 20 for windows.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163003 ADERA WAZINU BILQISTI
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:51
Last Modified: 04 Jan 2021 04:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17526

Actions (login required)

View Item View Item