PENGARUH PERAN CUSTOMER SERVICE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BTM MENTARI NGUNUT

AZIZAH, RENY ALFIATUL (2015) PENGARUH PERAN CUSTOMER SERVICE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BTM MENTARI NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Peran Customer Service dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada BTM Mentari Ngunut” ini ditulis oleh Reny Alfiatul Azizah, NIM 3223113078, pembimbing Drs. H. Mashudi, M.Pd.I. Latar belakang dalam penelitian ini adalah peran customer service yang sebagai penghubung antara bank dengan masyarakat yang diharapkan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan sehingga dapat mempengaruhi keputusan masyarakat untuk menjadi nasabah. BTM Mentari Ngunut sebagai lembaga yang belum lama lahir, maka diperlukan adanya promosi untuk memperkenalkan kepada masyarakat guna menarik perhatian para calon nasabah dan juga mempertahankan nasabah yang sudah ada. Dalam membuat keputusan nasabah yang sebagai pengguna jasa bank memilih dari berbagai alternatif pilihan yang telah ditawarkan oleh beberapa bank yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah peran customer service berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada BTM Mentari Ngunut ? (2) Apakah promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada BTM Mentari Ngunut ? (3) Apakah peran customer service dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada BTM Mentari Ngunut ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan peran customer service dan promosi terhadap keputusan untuk menjadi nasabah pada BTM Mentari Ngunut dan seberapa signifikan keadaan hubungan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah nasabah BTM Mentari Ngunut. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dan besarnya sampel yang digunakan adalah 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara peran customer service dan promosi terhadap keputusan menjadi nasabah pada BTM Mentari Ngunut. Hasil hitung berdasarkan uji F nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 yang kurang dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha. Pada R2 diperoleh nilai sebesar 59,1%, yang artinya keputusan menjadi nasabah dipengaruhi oleh peran customer service dan promosi sebesar 59,1% dan sisanya 40,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Customer Service, Promosi, Keputusan Menjadi Nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: RENY ALFIATUL AZIZAH
Date Deposited: 13 Aug 2015 04:34
Last Modified: 13 Aug 2015 04:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item