PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMPN 1 PARE KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020

LAILI ANISATU CHOIRUN MU'AZAROH, 17204163036 (2020) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMPN 1 PARE KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (567kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (890kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Negeri 1 Pare Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh LAILI ANISATU CHOIRUN MU'AZAROH, NIM. 17204163036, Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kecemasan matematik, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya persepsi masyarakat awam yang menganggap bahwa nilai matematika merupakan tolak ukur kecerdasan siswa. Sedangkan siswa menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit. Adanya anggapan tersebut mengakibatkan siswa merasa terpaksa untuk belajar matematika. Keterpaksaan tersebut menyebabkan siswa hanya berorientasi pada hasil dan nilai saja buka proses pembelajaran. Ketika seorang siswa mendapat nilai yang kurang, dia menjadi tertekan dan menganggap dirinya bodoh. Keterpaksaan dan tekanan tersebut memicu gejala-gejala kecemasan pada siswa. Kecemasan terhadap matematika tidak bisa dipandang sebagai hal biasa, karena ketidak mampuan siswa dalam beradaptasi pada pelajaran menyebabkan siswa kesulitan serta fobia terhadap matematika yang akhirnya menyebabkan hasil belajar matematika rendah. Kecemasan matematika dapat berdampak negatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika (math anxiety) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pare Kediri, (2) untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) untuk mengetahui besar pengaruh kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 1 Pare Kediri. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling jenis Simple Random Sampling. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pare Kediri, sampel yang diambil adalah siswa kelas VII G. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecemasan matematika pada kelas VII SMP Negeri 1 Pare berada pada kategori kecemasan berat dengan persentase sebesar 45,7%. (2) Ada pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 1 Pare Kediri. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,004<0,05. (3) Besar pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perbanding kelas VII SMP Negeri 1 Pare Kediri yaitu 22,1% dan 77,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163036 LAILI ANISATU CHOIRUN MU'AZAROH
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:39
Last Modified: 29 Dec 2020 03:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item View Item