IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

BINTI KHOIRIYAH, 17205163199 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Program Tahfidz Al-Qur‟an di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Khoiriyah NIM. 17205163199 pembimbing Nuryani, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci : Implementasi, Program Tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan formal yang mampu mewadahi gerakan dalam menghafal Al-Qur‟an. Menjadikan program tahfidz sebagai program unggulan serta membimbing banyak siswa yang berbeda latar belakang menuju generasi Qur‟ani. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan desain pembelajaran sebagai pelaksanaan program tahfidz Al-Qur‟an di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana desain pembelajaran program tahfidz Al-Qur‟an di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulunggagung? (2) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur‟an di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulunggagung? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat program tahfidz Al-Qur‟an di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulunggagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan penarikan kesimpulan menggunakan uji kredibilitas, uji keteralihan, uji keterkaitan dan uji kepastian. Hasil peneilitian ini mengungkapkan bahwa : (1) Desain pembelajaran berpedoman pada kurikulum 2013 yang dengan tujuan menciptakan generasi Qur‟ani, strategi merekrut guru tahfidz profesional, metode tartil, sorogan (hafalan), dan evaluasi teknik disesuikan dengan kondisi kelas dan media Al-Qur‟an, jus ‘amma dan pengeras suara (2) Kegiatan pendahuluan yang disampaikan ketika pelaksanaan pembelajaran dengan menyiapkan secara fisik maupun psikis serta menyampaikan garis besar pembelajaran di aplikasikan dari awal kegiatan pembelajaran. Kegiatan inti para siswa bermuroja‟ah bersama-sama, kemudian menghadap guru tahfidz untuk hafalan. Kegiatan penutup dilakukan dengan evaluasi pembelajaran yang diajarakan ,merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan. (3) Faktor pendukung: motivasi, kesehatan, psikologis, dan guru yang cakap. Faktor penghambat: intelegensi, operasional waktu yang kurang, tidak ada pengulangan dirumah, dan keadaan kelas yang ramai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163199 Binti Khoiriyah
Date Deposited: 23 Dec 2020 06:28
Last Modified: 23 Dec 2020 06:28
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17454

Actions (login required)

View Item View Item