PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 1 TRENGGALEK

LISCA DINI ALFIAN, 17201163204 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (545kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (948kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Kompetensi Guru PAI Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di Mtsn 1 Trenggalek”, ini ditulis oleh Lisca Dini Alfian. NIM 17201163204. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. NIP 198008252006041007. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mulai menurunnya minat belajar peserta didik sehingga mampu berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik itu sendiri. Melihat permasalahan pendidikan seperti ini, kemampuan guru atau biasa disebut kompetensi guru merupakan pondasi dalam hal menumbuhkan minat serta meningkatkan prestasi belajar peserta didik sehingga guru harus mampu menguasai materi, menguasai teknik pembelajaran, mendidik dengan keteladanan dan pembiasaan dalam proses pembelajaran. Kemampuan ini biasa disebut dengan komptensi profesional guru yang harus dimiliki oleh setiap guru agar dapat menguasai kelas dengan baik sehingga mampu menumbuhkan minat belajar peserta didik dan mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan., Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah, (1) adakah pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Trenggalek ?, (2) adakah pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Trenggalek ?, (3) adakah pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap minat dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Trenggalek ?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah, (1) untuk membuktikan adanya pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Trenggalek, (2) untuk membuktikan adanya pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Trenggalek, (3) untuk membuktikan adanya pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap minat dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitatif, jenis penelitian yaitu hubungan kausal atau hubungan yang bersifat sebab akibat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional guru (X), dan variabel terikatnya adalah minat belajar (Y1) dan prestasi belajar (Y2). Populasi : peserta didik kelas VIII. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling dengan jumlah sampel 80 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan : uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, regresi linier sederhana, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru PAI terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTsN 1 Trenggalek, hal tersebut berdasarkan uji regresi linier sederhana denganperolehan hasil signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi proesional guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 1 Trenggalek, hal tersebut berdasarkan uji regresi linier sederhana dengan perolehan signifikansi sebesar 0,046 < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru PAI terhadap minat dan prestasi siswa kelas VIII di MTsN 1 Trenggalek, hal tersebut berdasarkan uji MANOVA dengan perolehan signifikansi sebesar 0,036, 0,027, 0,020 dan 0,003. Karena masing-masing memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163204 Lisca Dini Alfian
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:58
Last Modified: 23 Dec 2020 03:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17448

Actions (login required)

View Item View Item