PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI LEARNING EXERCISE MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SISWA KELAS VIII SMP/MTs

NOVANDA KRISDARANI, 17204163259 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI LEARNING EXERCISE MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SISWA KELAS VIII SMP/MTs. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Sebagai Learning Exercise Materi Relasi Dan Fungsi di Siswa Kelas VIII SMP/MTs” ini ditulis oleh Novanda Krisdarani, NIM. 17204163259, pembimbing. Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Android, Relasi dan Fungsi, Learning Exercise Perkembangan teknologi yang semakin pesat dalam segala aspek kehidupan pada saat ini memang tidak bisa dihindari tidak terkecuali bidang pendidikan. Adanya perkembangan teknologi ini dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Salah satu produk perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan adalah kosep m-learning (mobile learning). Konsep m-learning dengan menggunakan perangkat mobile dapat memudahkan siswa dalam membawa perangkat ini kapanpun dan dimanapun karena lebih fleksibel untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini smartphone adalah salah satu perangkat yang sangat lekat dengan semua orang. Daya tarik dari smartphone inilah yang harusnya diolah dan dimanfaatkan sebagai suatu media pembelajaran terutama dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android sebagai learning exercise materi relasi dan fungsi di siswa kelas VIII SMP/MTs. (2) Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis android yang efektif dan efisien diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi relasi dan fungsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Subjek yang dijadikan penelitian adalah siswa kelas VIII A di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis validasi, kepraktisan, keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini diperoleh (1) proses pengembangan media sebagai berikut: pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. (2) media pembelajaran matematika yang dihasilkan dari pengembangan ini dinyatakan efektif dan efisien digunakan sebagai media dalam pembelajaran dikarenakan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif menurut hasil validasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: PENGEMBANG 17204163259 Novanda Krisdarani
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:21
Last Modified: 23 Dec 2020 03:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17437

Actions (login required)

View Item View Item