PENGARUH MEDIA YOUTUBE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

ROCHMANNUDIN RIFA'I, 17201163147 (2020) PENGARUH MEDIA YOUTUBE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (346kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi peserta didik sekarang di anggap sebagai generasi yang cepat bosan, penyajian materi yang monoton dan tanpa adanya variasi media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam membuat siswa lebih cepat jenuh dalam belajar. Tidak semua mata pelajaran menggunakan YouTube sebagai media pembalajran. Guru masih mengguakan metode ceramah dan tanya jawab dan kurangya pemanfaatan internet dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh media Youtube terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran tentang penggunaan media YouTube di SMAN 1 Gondang Tulungagung? 2) Adakah pengaruh media YouTube terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung? 3) Adakah pengaruh media YouTube terhadap minat siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung? 4) Adakah pengaruh media YouTube terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran tentang penggunaan media YouTube di SMAN 1 Gondang Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh media YouTube terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh media YouTube terhadap minat siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. 4) Untuk mengetahui pengaruh media YouTube terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung yang berjumlah 310 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen, dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji t dan uji MANOVA yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Ada pengaruh yang signifikan media YouTube terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji t-test memperoleh hasil nilai sig. 0,013 < 0,05, maka hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan media YouTube terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji t-test memperoleh hasil nilai sig. 0,000 < 0,05, maka hipotesis nol H0 ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikan media YouTube terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari nilai uji MANOVA menunjukkan bahwa hasil pada Pilla’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root yang terdapat pada effect factor dan diperoleh keseluruhan data yang sama yaitu sebesar 0,000. Jadi nilai sig. 0,000 < 0,05, maka hipotesis nol H0 ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan jika menggunakan media pembelajaran Youtube dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163147 Rochmannudin Rifa'i
Date Deposited: 22 Dec 2020 04:18
Last Modified: 22 Dec 2020 04:18
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17432

Actions (login required)

View Item View Item