PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL

VICKA NUR AFIFAH, 17210163091 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Vicka Nur Afifah NIM 17210163091. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri., M.Pd. Kata Kunci: kemampuan menulis, teks fabel, media gambar seri Skripsi ini meneliti tentang kemampuan menulis teks fabel dengan menggunakan media gambar seri pada kelas VII-G. Peneliti memilih media gambar seri menjadi alat bantu agar membantu siswa lebih fokus, konsentrasi, dan menggunakan pancaindranya untuk menjadikan sebuah tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penggunaan media gambar seri dalam keterampilan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol. 2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks fabel dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas VII 2 Sumbergempol. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan bentuk angka untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan yaitu dengan rancangan desain One Group Pretest-Protest Designs maka, pada desain ini terdapat suatu kelompok yang diberikan perlakuan atau treatment, tetapi sebelum diberi perlakuan akan terdapat pre-tes. Demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa sebanyak 270 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dan terpilih kelas VII-G dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah tes tulis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa hal diantaranya observasi, tes, dan dokumentasi. Aspek yang digunakan dalam hal ini terdapat struktur teks fabel ada empat yaitu, orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Hasil penelitian pada penerapan media gambar seri terdapat perbedaan yang signifikan. Sebelum menggunakan media gambar seri dan setelah menggunakan media gambar seri. Peneliti memberikan media gambar seri ini untuk siswa, siswa menjadi tertarik sehingga mau untuk mengerjakan tugasnya dan siswa menjadi lebih memahami seperti apa tugas yang diberikan. Buktinya juga dengan hasil kerja siswa yang sebelum menggunakan media gambar seri banyak yang mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu di bawah nilai 75, ada 22 siswa yang nilainya di bawah 75. Setelah menggunakan media gambar seri, banyak siswa yang mendapatkan nilai di atas nilai KKM, sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian pada rumusan masalah yang kedua, terdapat pengaruh dalam penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Rata-rata hasil belajar siswa dalam menulis teks fabel sebelum perlakuan (pre-test) memiliki rata-rata sebesar 61,89, sedangkan setelah siswa mendapatkan perlakukan (post-test) memiliki rata-rata 82,66. Tahap pengujian ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 6,819 yang lebih besar dari t tabel yaitu 2,051, dan juga nilai sig sebesar 0,000 yang lebih kecil atau kurang dari α yaitu 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163091 VICKA NUR AFIFAH
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:33
Last Modified: 22 Dec 2020 03:33
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17417

Actions (login required)

View Item View Item